Awas. .Asam Lambung Berlebih Bisa Picu Gigi Berlubang Lho!

0
698
ilustrasi asam lambung
Copyright©CNN Indonesia

Awas. .Asam Lambung Berlebih Bisa Picu Gigi Berlubang Lho!

Indowarta.com – Kenaikan asam lambung hingga kerongkongan atau disebut dengan GERD tak hanya memicu rasa mual, sendawa, dan nyeri di bagian ulu hati. Namun salah satu gangguan penceraan ini ternyara juga berpengaruh pada rongga mulut.

Seperti yang disampaikan oleh dr Hardianto Setiawan Ong, SpPD, Spesialis Penyakit Dalam- Konsultan Gastroenterologi dan Hepatologi Siloam Hospital Kebon Jeruk, asam lambung yang kena hingga kerongkongan juga dapat memicu gigi berlubang.

Mengapa bisa demikian?

Jadi, pada pasien GERD, itu seringkali merasa asam dimulut. Kalau sudah lama terkadang tidak sadar gigi belakang menjadi berlubang. Tapi gigi depannya masih tampak bagus. Itu karena rongga mulut cenderung asam sehingga bakteri menggerogoti lapisan email.

WAJIB BACA :  Diet Makanan yang Dapat Kurangi Kerusakan Gigi Berlubang!

Baca Juga Waktu yang Tepat Untuk Makan Cokelat, Agar Tak Menyebabkan Gigi Berlubang!

Pada beberapa kasus, GERD yang tak tertangani dengan baik dapat memicu kerusakan pada lapisan kerongkongan yang dalam jangka panjang menyebabkan kanker kerongkongan.

asam lambung
Copyright©asamlambungnaik

Penyebabnya juga banyak, antara lain merokok, mengkonsumsi makanan dan minuman mengandung cokelat, bawang putih, cabai, teh, alkohol, kopi dan soda yang berlebihan.

Untuk mengatasi GERD, pasien diimbau untuk tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan, menghindari posisi berbaring usai makan, dan mengurangi makanan dan minuman yang dapat memicu kenaikan asam lambung.

GERD  bisa diatasi asal penderita dapat menghindari faktor pemicunya. Tidak cukup dengan obat saja lantaran pola hidup juga bida diubah sehingga kenaikan asam lambung dapat dicegah.

WAJIB BACA :  Diet Makanan yang Dapat Kurangi Kerusakan Gigi Berlubang!

Baca Juga Cara Memutihkan Gigi Menggunakan Jeruk Nipis dan Garam, Simak Langkahnya! 

Hal yang juga perlu diperhatikan yakni ada baiknya hindari stres yang berlebih, perbanyak istirahat. Hal ini cukup membantu untuk mengatasi sakit yang dialaminya. Adanya keluhan mual, sakit kepala dan pandangan kabur bisa terjadi dikarenakan adanya peningkatan asam lambung.

Lalu makanan dan minuman apa saja yang perlu dihindari? Berikut ini beberapa makanandan minuman yang perlu dihindari oleh penderita asam lambung: Cokelat, soda, makanan yang digoreng, alkohol, susu berlemak tinggi, daging tinggi lemak, kafein, tomat, citrus, bawang bombay.

Untuk diketahui, Asam lambung adalah suatu gejala maag dimana lambung terkena luka atau peradangan, karena pola makan yang tidak teratur dan bisa menyebabkan perih dan mual. Hal ini terjadi karena lambung memproduksi asam, untuk mencerna makanan dalam keadaan jadwal yang teratur.

Baca Juga Bukan Hanya Gigi Berlubang, Gigi Sensitif Pun Juga perlu Ditambal lho!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY