Berita Terkini: Jaksa Agung Pastikan Sidang Banding Ahok bebas Dari Tekanan Asing!

0
1846
Ahok
Copyright©kapanlagi

Jaksa Agung Pastikan Sidang Banding Ahok bebas Dari Tekanan Asing!

Indowarta.com – Kasus yang mnejerat gubernur non aktif DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama seakan-akan menjadi magnet tersendiri untuk publik. Pasalnya setelah penetapan vonis 2 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara mendatangkan banyak sorotan dari media massa baik nasional maupun Internasional.

Hal tersebut tak membuat gentar kejaksaan meskipun kini hukum akan dimulai terkait upaya banding yang diajukan oleh Ahok setelah dinyatakannya vonis saat itu. Sidang Banding Ahok sendiri akan segera di gelar oleh pengadilan tinggi dan pastinya akan terus menyedot perhatian internasional.

Jaksa Agung HM Prasetyo juga angkat bicara terkait akan dilakukan sidang banding yang diajukan oleh Ahok ini. Prasetyo memastikan jika materi banding telah disiapkan oleh para Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan akan segera diajukan ke Pengadilan Tinggi.

Ahok
Copyright©wartakota

Seperti diketahui jika Ahok sendiri mengajukan banding setelah dijatuhi vonis hukuman dua tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara waktu lalu. Majelis hakim pun saat itu menyetujui dan akan dilakukan Sidang Banding Ahok nantinya.

Sedangkan alasan diajukannya banding karena perbedaan persepsi antara pasal 156 yang diajukan oleh JPU dengan pasal 156 yang dijadikan dasar majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang saat itu persidangan dipimpin oleh Dwiarso Budi Santiarto.

Saat itu Dwiarso menyatakan jika Ahok secara sah bersalah dalam kasus penodaan agama. Keputusan terebut diambil berdasarkan Pasal 156 KUHP menegnai penodaan agama. Sedangkan JPU sendiri dalam sidang sebelumnya menuntut Ahok dengan 1 tahun kurungan penjara dan dua tahun masa percobaan.

Sedangkan untuk untuk memori banding sendir sudah disusun oleh tim JPU untuk nantinya diajukan ke Kejaksan Negeri DKI Jakarta. Dipastikan jika seluruh kajian dari tim tidak akan dipengaruh oleh siapapun meskipun kini sejumlah lembaga internasional sedang gencar menyorot kasus ini.

Pihak kejaksaan tidak akan terpengruh oleh sejumlah lembaga internasional yang mencoba mengintervensi. ‘Hukum Indonesia berdaulat dan tidak akan terpengaruh oleh tekanan oleh sejumlah pihak yang mencoba mempengaruhi’ ujar Prasetyo pada Kamis, 18 Mei 2017.

Sementara itu mengenai Sidang Banding Ahok sendiri sudah dipastikan akan segera dilakukan oleh kejaksaan. Sedangkan untuk memori banding Prasetyo memastikan bukan merupakan kontra memori yang menunjukan JPU akan jalan terus untuk banding.

baca juga :Namanya Dicatut Dalam Kasus Firza Husein Dan Rizieq Shihab, Anonymous Ancam Blokir Media Buzzer Ahok!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here