Berita Terkini: Benarkah Posisi Donald Trump Akan Segera Dimakzulkan?

0
698
Donald Trump
Copyright©theodissey

Berita Terkini: Benarkah Posisi Donald Trump Akan Segera Dimakzulkan?

Indowarta.com- Semenjak James B Corney yang merupkan mantan direktur FBI ini dipecat, isu mengenai keterlilbatan Rusia di dalam pemilihan umum AS ini telah kembali bergulir lagi bak bola panas. Terlebih lagi Corney ini telah mengungkapkan bahwa Presiden Donald Trump ini tellah menekan dirinya untuk menutup investigasinya terhadap Michael T Flyn yang merupakan mantan penasehat keamanan nasional.

baca juga : Kena Protes Berlebihan, CEO Uber Mundur dari Dewan Penasehat Ekonomi Donald Trump !

Terlebih lagi para kritikus ini telah menilai bahwa aksi yang telah dilakukan oleh Donald Trump ini merupakan upaya untuk menghalangi hukum dan juga akan bisa memicu dilakukannya pemakzulan atau impeachment.

perwakilan Demokrat Florida Ted Deutch, seperti yang tertulis di twitternya pada Selasa 16 Mei 2017 ini telah mengatakan “Meminta FBI untuk menghentikan investigasi merupakan upaya menghalangi hukum. Menghalangi hukum merupakan pelanggaran berat”.

donald trump
Copyrigth©liputan6

Namun para praktisi hukum ini telah menilai bahwa pembicaraan mengenai pemakzulan Donald Trump ini terbilang prematur. Hal ini karena hingga saat ini masih belum disertai dengan fakta yang jelas. Gedung Putih sebelumnya sudah membantah bahwa Donald Trump ini telah menekan Corney untuk menutup kasus tersebut. Walaupun begitu, pembicaraan mengenai pemakzulan Donald Trump ini pun masih terus bergulir.

baca juga : Begini Pernyataan Psikolog Soal Prilaku Donald Trump !

Konstitusi ini telah memperbolehkan Kongres untuk pemakzulan presiden sebelum habis masa jabatannya jika mayoritas anggota Kongres menyepakati sang pemimpin negara ini telah terbukti melakukan pengkhianatan, penyuapan, ataupun kejahatan berat yang lainnya dan juga pelanggaran ringan.

Hingga saat ini hanya ada 3 presiden Amerika Serikat yang telah terkena impeachment. Dua diantaranya dimakzulkan, namun masih dibebaskan dan juga masih terus menjabat sebagai presiden. Mereka adalah Andrew Johnson di tahun 1868 dan Bill Clinton pada 1998 dan 1999. Ketiga adalah Richard M Nixon di tahun 1974. Namun Nixon memutuskan untuk mengundurkan diri untuk menghindari pemakzulan.

Tidak hanya peraturan yang standar mengenai hal seperti ini. Hanya saja Senat terlebih dahulu yang mengeluarkan resolusi untuk melakukan prosedur persidangan. Greg Craig mengatakan “Saat Senat memutuskan peraturan apa yang akan dipakai dalam persidangan, mereka benar-benar membuatnya selama persidangan berjalan”.

baca juga : 

Belum Juga Genap 100 Hari, Pemerintahan Donald Trump Terancam Tutup Buku?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY