Memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Simbol Persatuan Untuk Indonesia!

0
447
hari kebangkitan nasional
Copyright©detik

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Simbol Persatuan Untuk Indonesia!

Indowarta.com – Hari ini Sabtu, 20 Mei 2017 bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Hari ini juga merupakan peringatan hari kelahiran organisasi Budi Utomo (Boedi Oetomo). Organisasi ini merupakan organisasi yang didirikan oleh para pelajar pada zaman kolonial Belanda.

Sedangkan untuk sejarah organisasi Budi Utomo sendiri yakni sebuah organisasi yang didirikan oleh sejumlah pelajar School Tot Opleiding Van Inslands Asten (STOVIA) pada tahun 1908. Inilah cikal bakal dari Hari Kebangkitan Nasional yang selama ini kita peringati.

Kemudian setelah berjalan empat puluh tahun sekitar tahun 1948 Presiden Soekarno menetapkan tanggal 20 Mei sebagai hari bangkitnya nasionalisme bangsa Indoensia. Sedangkan mengenai latar belakang penetapan hari yang dikenal dengan Kebangkitan Nasional ini yakni pada awal kemerdekaan bangsa Indonesia.

hari kebangkitan nasional
Copyright©detik

 

Republik Indoensia saat itu membutuhkan pemersatu dan Presiden Soekarno sendiri menilai jika kelahiran Budi Utomo tersebut merupakan waktu yang tepat. Dengan lahirnya organisasi tersebut menjadikannya simbol yang tepat karena bangsa Indonesia mulai bangkit untuk melawan penjajah.

Maka dari itulah Hari Kebangkitan Nasional disematkan pada tanggal 20 Mei yang kini tengah kita peringati. Hal tersebut juga merupakan simbol dimana bangsa Indoesnia mulai bangkit dan melawan penjajah guna mencapai kemerdekaan.

Dirjen Kebudayan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Frida juga menceritakan hal serupa. Dia mengatakan jika saat itu Bung Karno mencari sejarah dimana ada organisasi yang berbeda dengan orgnisasi lain mengenai mekanismenya dan lain-lain.

Mengingat sejarah jika saat itu sekitar tahun 1948 terjadi dilema politik Indonesia. Terlihat saat itu meskipun proklamasi sudah dibacakan, Belanda justru kembali dengan membonceng sekutu dan juga sempat melakukan agresi militer pertama pada tahun 1947.

Kemduian diadakanlah perjanjian di atas kapal USS Renville terkait batasan wilayah Indonesia dan Belanda pada tahun 1947. Seperti yang terlihat jika akibat perjanjian tersebut wilayah Indonesia menjadi sebatas Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

Setelahnya dicetuskanlah Hari Kebangkitan Nasional oleh Bung Karno yang saat itu membutuhkan simbol yang akan jadi momentum mempersatukan bangsa. Diketahui jika saat itu Indonesia mengalami krisis di bidang ekonomi yang disebabkan kurangnya pasokan beras.

baca juga : Berita Terkini : Mengintip Tonggak Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei Sebagai Awal Berdirinya Organisasi Boedi Oetomo (20 Mei 1908) !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here