Transformasi Asuransi untuk TKI ke BPJS Akan Segera Dilaksanakan!

0
215
tranformasi Asuransi TKI ke BPJS
Copyright©Jurnas

Transformasi Asuransi untuk TKI ke BPJS Akan Segera Dilaksanakan!

Indowarta.com – Terkait dengan rencana transformasi asuransi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pembiayaan yang dilakukan oleh dua atau lebih lembaga keuangan (konsorsium) asuransi TKI ke BPJS kini siap dijalankan.

Kementerianketenagakerjaan juga telah mengadakan pembahasan lintas lembaga atau kementerian pada Jumat (19/5). Pembahasan tersebut diikuti oleh BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, KPK, Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Pertemuan tersebut dalam rangka mempercepat rencana transformasi pengelolaan asuransi TKI. Masalah ini tak hanya diurusi Kemnaker, namun juga stajeholder lain. perubahan pengelolaan asuransi TKI ini dilakukan sesuai dengan rekomendasi KPK yang menyarankan agar skema asuransi TKI dikelola BPJS.

Baca Juga Berita Terkini: WNA Boleh Nikmati BPJS Kesehatan?

Sebelumnya, dana asuransi TKI dikelola oleh tiga konsorium, yakni konsorium Asuransi Josindo, Konsorium Asuransi Astindo, dan Konsorium Asuransi Mitra TKI. Pertemuan tersebut dalam rangka mencari bentuk ideal perlindungan TKI yang menyangkut jenis pertanggungan, jaminan sosial serta sistem administrasinya.

tranformasi Asuransi TKI ke BPJS
Copyright©Liputan6

Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Kemnaker, Maruli A. Hasoloan selaku pemimpin rapat, mengatakan dalam pertemuan tersebut, masing-masing pihak sudah menyatakan kesanggupannya berdasarkan wewenang bidangnya terhadap pengelolaan asuransi TKI.

Rekomendasi KPK yang menyarankan agar asuransi TKI dikelola BPJS, bertujuan agar ada perbaikan pengelolaan dana asuransi TKI. Selain itu pengawasannya pun juga semakin mudah, lantaran BPJS merupakan badan milik negara. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Satgas Koordinasi Supervisi Pencegahan KPK Asep Rahmat Suwandha.

Ia berharap tata kelolanya harus bagus, lantaran menyangkut perlindungan TKI, selain itu jumlah dana yang besar. Ia berharap, transformasi ke BPJS itu dapat segera dilaksanakan.

Baca Juga Berita Terkini: Dana Kelola BPJS Ketenagakerjaan Capai Rp 269 Triliun!

Dalam pertemuan itu, BPJS Ketenagakerjaan menyampaikan siap untuk melakukan jaminan sosial kepada TKi. Bahkan pihaknya juga telah melakukan pemetaan dan penanggungjawaban perlindungan TKI terhadap resiko yang dilindungi. Saat ini TKI dicover 13 resiko oleh asuransi konsorium.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan mengatakan, pihaknya dapat memberikan jaminan lebih banyak secara nominal dibandingkan asuransi konsorsium yang selama ini mengcover TKI.

Baca Juga BPJS Ketenagakerjaan Targetkan Dana Kelolaan Sampai Rp 300 Triliun!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY