Berita Terkini: Begini Penjelasan Dokter Soal Video Viral di FB Batita Diberi Cuci Hidung!

0
2192
Batita Diberi Cuci Hidung
Copyright©facebook

Begini Penjelasan Dokter Soal Video Viral di FB Batita Diberi Cuci Hidung!

Indowarta.com – Kini beredar berita mengenai Batita Diberi Cuci Hidung di media sosoial facebook. Terlihat akun facebook berbahasa Thailand atas nama Emilie membagkan video prosedur ‘mencuci hidung’ untuk batita pada Jumat, 19 Mei 2017.

Nampak akun facebook itu menujukan proses pencucian hidung kepada batita bernama Emilie sedang dibantu oleh kakaknya. Video tersebut langsung menjadi viral dimedi sosoial dan terlihat video tersebut sudah dilihat oleh pengguna facebook lain sebanyak 16 juta kali.

Video Batita Diberi Cuci Hidung ini terlihat berdurasi sekitar 3 menit 31 detik. Nampak dalam cuplikan video itu menunjukan seorang wanita muda bersama dengan seorang batita yang diketahui bernama Emilie. Kemudian wanita muda itu memasukan cairan ke salah satu hidung Emilie dengan menggunakn alat suntik tanpa jarum.

Setelah alat cairan dimasukan dengan alat suntik tadi terlihat keluar ingus dari lubang hidung Emilie yang satunya. Nampak video tersebut juga ditambahkan keterangan dengan kata ‘Membersihkan hidung Emilie sehingga dia bisa bernafas lega’.

Batita Diberi Cuci Hidung
Copyright©facebook

Terlihat jika Batita Diberi Cuci Hidung ini telah dibagikan lebih dari 332 ribu. Namun dengan beredarnya video tersebut banyak yang menanyakan mengenai diperbolehkan atau tidaknya melakuian pencucian hidung dengan cara semacam itu.

Dokter Merlyn Cecilia Malonda SpA dari RS Mayapada Tangerang pun ikut berkomentar mengenai unggahan video tersebut. Dia mengatakan jika pencucian hidung semacam itu seharusnya dilakukan dalam pengawasan tenaga professional.

‘Itu sih kayaknya cuci hidung nasal irrigation. Dokter anak jarang melakukannya dan jika melakukan hal itu harus mendapat pegawasan dari tenaga professional’ ujarnya  pada Jumat, 19 Mei 2017.

Nasal irrigation sendiri biasanya dilakukan kepada batita berumur 3 tahun ke atas. Pada usia ini anak sudah bisa mengikuti perintah dari orang tua dan sangat berbahaya jika dilakukan pada usia dibawah 3 tahun karena anak masih belum bisa mengikuti intruksi.

Kegiatan seperti Batita Diberi Cuci Hidung ini bisa saja dilakukan namun harus oleh tenaga profesional dan disertai dengan alat-alat yang higieneis dan bersih. Sedangkan untuk cairan juga harus bersih karena untuk masuk kedalam hidung. Cairan tersebut hampir sama dengan komposisi cairan tubuh yakni NaCl 0,9 persen.

baca juga : Berita Terkini : KPK Mulai Lakukan Penyelidikan Soal Helikopter AW 101!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY