Berita Hari Ini : Sejarah Hari Kartini 21 April Lusa Yang Tentunya Tak Boleh Kamu Lupakan Begitu Saja !

    0
    3006
    Hari Kartini

    Berita Hari Ini : Sejarah Hari Kartini 21 April Lusa Yang Tentunya Tak Boleh Kamu Lupakan Begitu Saja !

    indowarta.comHari Kartini akan diperingati setiap tanggal 21 April. Bangsa yang besar adalah bengsa yang selalu menghormati jasa pahlawannya. Demikian halnya dengan bangsa kita yang akan memperingati hari kartini setiap tanggal 21 April ini. Lalu bagaimana sejarah singkat mengenai Kartini ini yang hingga kini masih dikenang oleh bangsa Indonesia?

    Kartini merupakan anak dari Raden Mas ADipati Ario Sosroningrat yang kala itu merupakan Bupati Jepara. Ibunya bernama M. A. Ngasirah yang merupakan keturunan dari tokoh agama yang disegani di wilayah Jepara yaitu Kyai Haji Madirono. Kartini sendiri terlahir pada tanggal 21 April 1879.

    Karena hidup di keluarga yang berkecukupan, Kartini berkesempatan mengenyam pendidikan yang lebih baik dari pada teman-teman yang lainnya. Kartini saat itu bersekolah di ELS (Europese Lagere School).

    Namun dikarenakan norma yang berlaku, pada usia 12 tahun Kartini harus berhenti bersekolah dan menjalani tradisi di pingit. Tradisi di pingit adalah suatu tradsi yang melarang seorang gadis untuk keluar rumah.

    Hari Kartini

    Walupun begitu, semangat Kartini untuk terus belajar tidak luntur. Lewat bantuan mengirim surat dengan temannya yang kebanyakan saat itu adalah orang Belanda, dia saling bertukar ilmu.

    Hingga pada saatnya dia dipersunting oleh KRM Adipati Singgih Djojo Adhiningrat yang kala itu menjabar sebagai Bupati Rembang. Keinginan Kartini untuk mendirikan sebuah sekolah khusus wanita mendapatkan dukungan penuh dari sang suami.

    Namun pada usia 25 tahun tepatnya paa tanggal 17 September 1904, Kartini meninggal dunia setelah melahirkan anak pertama dan terakhirnya yaitu Soesalit Djojodhiningrat. Anak Kartini tersebut lahir pada tanggal 13 September 1904.

    Dikarenakan jasa Kartini yang besar dalam memajukan emansi8pasi wanita pada saat itu agar disetarakan dengan kaum pria, membuat setiap tanggal 21 April diperingati sebagai hari Kartini. Sedangkan surat-surat yang telah Kartini tulis dikumpulkan menjadi satu dan diberi judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

    baca juga :

    Berita Terkini: Menolong Korban Bom Brussels Di Gerbong, Masinis Ini Menolak Disebut Pahlawan !!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here