Akan Ada tersangka Baru dalam Kasus Korupsi E KTP?

0
305
e-KTP
Copyright©tempo

Akan Ada tersangka Baru dalam Kasus Korupsi E KTP?

Indowarta.com – Perkara E-KTP kini masih terus berlanjut dan akan ditetapkan tersangka baru nantinya oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Saut Situmorang sebagai Wakil Ketua KPK mengtkan jika ada potensi untuk penetapan tersangka baru dalam kasus korupsi Kartu Tanda penduduk elektronik (E-KTP).

Saut Sitomorang mengatakan hal tersebut saat ditemui oleh tim media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin, 22 Mei 2017. Namun meskipun begitu ia tak mau berbicara banyak mengenai kasus korupsi E-KTP yang kini tengah dalam proses penyidikan tersebut.

‘Untuk tersangka ada potensi baru dilakukan penetapan. Tpi kami tak bisa mengatakan dengan pasti namun penyidikan hari demi hari mengalami kemajuan’ ujar Saut Situmorang.

WAJIB BACA :  KPK Sampai Gandeng FBI Demi Telusuri Aliran Dana E KTP!

Saut sendiri tak berbicara banyak ketika tim media menanyakan mengenai potensi tersangka baru tersebut. Tim media saat itu menanyakan apakah tersangka baru dari kalangan pengusaha, pemerintahan atau dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Kasus E KTP

Namun Saut tak bnyak berkomentar dan hanya menjawab ‘Ada lah dan tidak boleh disebutkan disini’. Penetapan tersngka baru sendiri hak mutlak milik KPK yang tengah mengusut kasus E-KTP yang menjaring sejumlah pejabat negara ini.

Sebelumnya penyidik KPK telah menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus korupsi E-KTP ini. Ketiganya yakni mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri (Imran dan Sugiarto) yang kini tengah melai menjalani sidang. Kemudian yang ketiga yakni Andi Agustinus atau Andi Nringgong yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

WAJIB BACA :  Kasus E KTP: KPK Panggil 2 Saksi Atas Tersangka Setya Novanto!

Sedangkan penyidikan sendiri kini masih berlangsung dan akan menghadirkan sejumlah pejabat negara untuk diperiksa. Kasus korupsi E-KTP sendiri diketahui dilakukan secara bersama-sama yang melibatkan sejumlah pejabat negeri baik dari menteri dalam negeri maupun sejumlah pihak dari DPR.

E-KTP sendiri merupakan suatu proyek yang diselenggarakan oleh negara untuk mewujudkan KTP elektronik yang berlaku selamanya. Diketahui jika akibat korupsi ini negara dirugikan hingga mencapai Rp 2,3 triliun. Mulai dari pengusaha, pemerintahan, maupun dewan menjadi aktor dalam aksi korupsi ini.

Ketua KPK, Agus Rahardjo sendiri menegaskan jika pihaknya akan mengusust kasus ini secara tuntas. Maka itu layak dinantikan siapa nama tersangka baru yang nantinya akan ditetapkan oleh KPK dalam kasus Korupsi E-KTP ini.

baca juga : Berita Terkini: Terdakwa Kasus Korupsi E KTP Bagi Bagi Rp 10 Juta Ke 5 PNS Kemendagri!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here