Sandiaga Uno Akan Dipanggil KPK Guna Lengkapi Proses Penyidikan!

0
588
Sandiaga Uno
Copyright©kompas

Sandiaga Uno Akan Dipanggil KPK Guna Lengkapi Proses Penyidikan!

Indowarta.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengonfirmasi pemanggilan Sandiaga Salahuddin Uno pada Selasa, 23 Mei. Sandiaga dipanggil sebagai saksi terkait dua perkara yang kini ditangani oleh KPK.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Senin (22/5) mengatakan bahwa direncanakan pemeriksaan saksi Sandiaga Uno untuk tersangka Dudung Purwadi (DPW) karena KPK masih memproses beberapa penyidikan yang terkait dengan proyek-proyek Permai atau Nazaruddin yang dulu sempat dilakukan.

Salah satunya yakni soal pembangunan Wisma Atlet dan Rumah Sakit Pendidikan di Udayana. Salah satu hal yang melatar belakangi pemanggilan wakil gubernur DKI terpilih ini lantaran Sandi pernah menjabat sebagai Komisi PT Duta Graha Indah (DGI). Keterangan Sandiaga dibutuhkan tim penyidik KPK.

WAJIB BACA :  Dua Insiden yang Terjadi Saat Pelantikan Gubernur DKI Anies Baswedan dan Sandiaga Uno!

Baca Juga Saat Sandiaga Uno Lari Bersama Bima Arya Keliling Kebun Raya Bogor!

Disisi lain, KPK membantah tegas anggapan pemanggilan pemeriksaan ini berunsur politis. Meski kasus tersebut sudah bergulir lama, keterangan Sandiaga Uno dianggap kembali diprlukan oleh pihak penyidik.

Sandiaga Uno
Copyright©Jawa Pos

Febri menegaskan bahwa memang tidak ada unsur politis. Pasalnya banyak saksi yang juga telah dipanggil sebelumnya. Soal latar belakang saksi apakah ada yang daripartai politik atau calon kepala daerah, itu hal lain yang ihaknya pisahkan.

Sandiaga Uno sendiri telah mengonfirmasi pemanggilan KPK. Dia menyatakan akan kooperatif dengan memenuhi panggilan yang diagendakan pukul 10.00 dan 13.00 WIB hari ini. Dia nanti akan hadir dan memberkan klarifikasi apa saja yang dibutuhkan KPK.

WAJIB BACA :  Hari Pertama Ngantor, Sandiaga Uno Ngantor Numpang Mobil Pribadi Anies Baswedan!

Tak hanya itu, ia juga mendukung, fungsi serta tujuan KPK dalam penegakan antikorupsi, sehingga menurutnya penegakan hukum tentu harus didukung 100 %.

Baca Juga Balai Kota Dibanjiri Karangan Bunga untuk Ahok, Begini Tanggapan Sandiaga Uno!

Dalam surat pemanggilan yang dilayangkan oleh KPK, Sandiaga Uno akan dipanggil menjadi saksi atas kasus yang melibatkan tersangka Dudung Purwadi selaku Direktur Utama PT Graha Indah atas kasus pengadaan alkes di RS Khusus Pendidikan Penyakit Infeksi dan Pariwisata Universitas Udayana Tahun anggaran 2009-2011.

Diketahui, kasus tersebut juga melibatkan Kepala Biro Administrasi Umum dan keuangan Universitas Udayana, Made Meregawa dan Marisi yang berasal dari pihak swasta. Nilai proyek tersebut sekitar Rp 120 miliar. Akibatnya negara mengalami kerugian sekitar Rp 30 miliar.

WAJIB BACA :  Tagih Janji Anies Baswedan Sandiaga Uno Bikin Stadion Sekelas Old Trafford!

Sementara, dalam kasus pembangunan Wisma Atlet, PT DGI memenangkan proyek pembangunan wisma atlet SEA Games, Palembang Sumatera Selatan, berkat kerja sama antara PT DGI dan Nazaruddin.

Baca Juga Ahok Divonis 2 Tahun, Sandiaga Uno Pamer Foto Salam 2 Jari, ‘Jangan Salah persepsi’!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here