Berita Hari Ini : Tak Lolos SNMPTN, Kenapa Tak Diimbau Ikut SBMPTN Oleh Sekolah ?

0
1469
sbmptn
sbmptn

Berita Hari Ini : Tak Lolos SNMPTN, Kenapa Tak Diimbau Ikut SBMPTN Oleh Sekolah ?

indowarta.com– Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tak lagi mamakai jasa sekolah dalama urusan pendaftaran. Hal ini berbeda dengan SNMPTN. Namun demikian sejumlah sekolah tetap memantau jalannya pendaftaran SBMPTN.

Sri Widiati yang merupakan Kepala Sekolah SMAN 5 Surabaya menjelaskan pendaftaran SBMPTN karena sekolah menekankan pada siswa yang diterima SNMPTN untuk tidak mengambil jalur lain.

Siswa yang sudah mendaftar di SNMPTN dan diterima, untuk tidak mendaftar lagi di SBMPTN. Alasannya karena itu memperngaruhi indeks sekolah tahun depan.

Untuk persiapan SBMPTN, SMAN 5 Surabaya juga mendukung siswa dengan mengadakan pelatihan soal-soal SBMPTN yang akan berlangsung selama satu bulan. Kegiatan ini akan diwajibkan untuk seluruh siswa.

Untuk yang mengikuti camp penguatan SBMPTN yang dilaksanakan diluar sekolah selama sebulan ini, tentu pihak sekolah akan meminta keterangan para orang tua wali. Kegiatan camp tersebut juga akan dilaksanakan selama sebulan.

Berbeda dengan SMAN 5 Surabaya, Kepala SMA Dr. Soetomo I Nengah Sudiana menyebutkan bahwa sekolahnya hanya membantu para siswa untuk memilih jurusan. Sama halnya dengan SNMPTN.

Namun disis lain, Sudiana juga menekankan agar siswa yang masih belum masuk kuota SNMPTN segera mendaftarkan diri ke SBMPTN jika memang mereka berniat untuk melanjutkan studi.

sbmptn

Sementara itu nialu Ujian Nasional (UN) masih dijadikan pertimbangan masuk Seleksi Nasional Perguruna Tinggi Negeri (SNMPTN). Keijakan ini membuat sebagian siswa terkejut. Hal ini karena mereka mengetahui bahwa pada periode sebelumnya indikator penenntu SNMPTN adalah niali rapor.

Namun akhir-akhir ini juga berhembus kabar kalau peraturan tersebut hanya berlaku di beberapa PTN saja, tidak semua PTN. Berita tersebut dibenarkan oleh Wakil Ketua Kurikulum SMAN 3 Malang Budi Nurani. Kebijakan tersebut tidak merupakan kebijakanpperogratif dari masing-masing PTN.sehingga tidak semua PTN melaksanakan kebijakan tersebut.

Budi juga menunuturkan bahwa kebijakan tersebut sudah berlaku sejak lama. Hanya saja belum ada surat keputusan resmi yang diterima oleh sekolah.

baca juga :

Berita Terkini : Sbmptn Sediakan Dua Model Ujian, Siswa Gagal Snmpn Karena Kesalahan PDSS !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here