Berita Terkini : Adakah Keterkaitan Antara Gempa Jepang Dan Gempa Ekuador ?

0
1672
gempa jepang

Berita Terkini : Adakah Keterkaitan Antara Gempa Jepang Dan Gempa Ekuador ?

indowarta.com– Gempa bumi telah melanda dua Negara yakni gempa Jepang dan juga gempa Ekuador. Gempat tersebut terjadi pada hari yang sama yaitu Sabtu 16 April 2016. Irwan Meilano yang merupakan pakar gempa di Institut Teknologi Bandung (ITB), dua bencana alam tersebut terjadi bukan karena rentetan satu dengan yang lain.

Jika ada picuan gempa, itu terjadi pada wilayah yang berdekatan. Jadi jika terjadi gempa bumi di hari yang sama namun lokasinya berjauhan itu sama sekali tidak ada kaitannya. Walaupun begitu, Jepang, Ekuador dan termasuk juga Indonesia termasuk dalam area cincin api atau yang disebut ring of fire pasifik.

Cincin tersebut mencakup 40 ribu kilometer dari Selandia Baru melingkar menuju kepulauan Nusantara, Jepang, Alaska, sampai ke pesisir barat Amerika Selatan. Sering terjadi juga aktivitas tektonik di area ini.

Sedangkan Indonesia sendiri memiliki potensi gempa yang cukup besar. Namun menurut Irwan hal tersebut tidak ada kaitannya dengan rentetan gempa yang terajdi di kawasan selain Asia Tenggara. Jadi memang beberapa daerah di indoensai merupakan siklus gempam seperti Mentawai, dan beberapa tempat lainnya.

gempa jepang

Jadi jikalau nanti terjadi gempa di Indonesia, bukan berarti bahwa gempa tersebut akibat rentetan gempa Jepang. Menurut Irwan itu hanyalah merupakan kebetulan saja terjadi gempa di hari yang sama.

Gempa bumi menimpa Ekuador yang merupakan Negara di pesisir barat Amerika Selatan. Gempa tersebut berkekuatan 7,8 skala richter dan terjadi pada pukul 18.58 waktu setempat, Sabtu 16 April 2016. Pusat gempa berada di 27 kilometer selatan kotas Muisne, Provinsi Esmeralds. Kurang lebih terdapat 246 korban jiwa.sempat diumumkan oleh otoritas setempat akan potensi tsunami.

Pada hari yang sama juga terjadi gempa Jepang. Gempa tersebut berkekuatan 7,3 skala richther di Kpta Kumamoto, Jepang. Gempa Jepang tersebut terjadi pada pukul 01.25 waktu setempat. Sama seperti dengan Ekuador, otoritas Jepang juga sempat mengumkan akan adanya potensi Tsunami. Namun pernaytaan tersebut dicabut kembali oleh otoritas setempat.

baca juga :

Berita Hari Ini : Korban Gempa Ekuador Terus Bertambah Jadi 262 Orang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here