Tentukan Jadwal Puasa Ramadhan 2017, Kementrian Agama Akan Gelar Sidang Isbat Jumat Sore!

0
9588
Jadwal Puasa Ramadhan 2017
Copyright©kompas

Tentukan Jadwal Puasa Ramadhan 2017, Kementrian Agama Akan Gelar Sidang Isbat Jumat Sore!

Indowarta.com– Kementerian agama rencananya akan menggelar sidang Isbat untuk menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1438 pada hari Jumat 26 Mei 2017. Kementerian Agama akan mealkukan pemantauan hilal di 77 titik seluruh Indonesia.

baca juga : Berita Terkini: Pemprov DKI Wajibkan Diskotek dan Klub Malam Tutup Selama Ramadhan!

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, M. Thambrin pada hari Senin 22 Mei 2017 ini telah mengatakan “Dalam menentukan awal puasa tahun ini, Kemenag akan memantau hilal pada 77 titik di seluruh Indonesia,”.

Sidang Isbat untuk menentukan Jadwal Puasa Ramadhan 2017 ini akan digelar di kantor Kementerian Agama yang berada di Jalan M.H. Tahmrin, Jakarta, mulai pukul 17.00. Acara ini akan dimulai dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadhan oleh tim hisab rukyat Kementerian Agama yakni Cecep Nurwendaya.

Jadwal Puasa Ramadhan 2017
Copyright©kabarkota

Sidan akan di skors sementara untuk melaksanak ibadah Sholat Magrib. Setelah selesai melaksanakan ibadah sholat magrib, Menteri Agama yakkni Lukman Hakim Saifuddin ini akan membuka sidang dengan agenda laporan data hisab dan juga pelaksanaan rukyatul hilal oleh Thamrin. Untuk hasil sidang Isbat ini akan disampaikan kepada masyarakat melalui konferensi pers yang akan dialkukan setelah rapat Isbat Jadwal Puasa Ramadhan 2017 ini selesai digelar.

baca juga : Berita Terkini: Jelang Ramadhan 2017, Pemerintah Jokowi Optimis Harga Pangan Stabil!

Sementara itu jemaah An Nadzir di Makassar ini kemungkinan akan melaksanakan ibada puasa Ramadhan lebih cepat. Hal ini telah disampaikan oleh salah satu ulama mereka yakni Lukman A Bakti. Namun Lukman sendiri juga telah mengatakan bahwa pihaknya juga masih belum menentukan 1 Ramadhan 1438 ini akan jatuh pada tanggal berapa.

Lukman kepada awak media pada hari Minggu 21 Mei 2017 ini telah mengatakan “Kita belum pastikan satu Ramadan jatuh hari apa, karena Rabu, 24 Mei 2017 baru kepastiannya. Tapi kemungkinan satu Ramadan itu pada Jumat 26 Mei 2017”.

Sementara itu sebelumnya Kementerian Agama sendiri juga sudah mempersiapkan sebanyak 77 titik di seluruh penjuru Indonesia. Mereka akan melakukan pemantauan hilal untuk menentukan 1 Ramadhan 1438.

baca juga : 

Mengintip Jam Kerja PNS Selama Bulan Ramadhan Tahun Ini! Mengintip Jam Kerja PNS Selama Bulan Ramadhan Tahun Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here