PBB Desak Indonesia untuk Cabut Hukuman Ahok!

1
1653
Ahok
Copyright©temponasional

PBB Desak Indonesia untuk Cabut Hukuman Ahok!

Indowarta.com –  Polemik hukuman yang dijatuhkan kepada Gubernur non aktif DKI Jakrta Basuki Thahaja Purnama alias Ahok kini masih terus diperbincangkan. Kali ini sekolompok ahli di bidang hak asasi manusia dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mendesak agar Pemritahan Indonesia membebaskan Ahok.

PBB menyebutkan jika kasus tersebut merupakan kasus kriminalisasi dan mendesak agar pemrintah Indonesia meninjaunya. Diketahui jika Ahok sendiri terlibat kasus penodaan agama dengan meyangkutkan surat Al Maidah ayat 51 saat berpidato di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Para ahli PBB angkat bicara setelah Ahok dinyatakan bersalah dan dijatuhi vonis dua tahun hukuman penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Para ahli tersebut menilai jika kasus penistaan agama ini merupakan suatu pembatasan yang juga melanggar hukum.

‘Hukum mengenai penistaan agama ini merupakan suatu pembatasan hukum yang juga melanggar hukum. Hukum pidana ini membatasi kebebasan berekspresi dan secara ,tidak propesional menargetkan kelompok tartentu seperti kelompok agama tradisional maupun orang yang berkecimpoung di dunia politik’ ujar para ahli PBB.

Ahok
Copyright©liputan6

Para ahli tersebut mengaharapkan agara pemerintah Indonesia tanggap dengan kasus yang menimpa Ahok ini. Ahli tersebut bernama Ahmed Shaheed sebagai pelapor khusus kebebasan beragama datau kepercayaan. Kemuidan ada lagi David Kaye yang merupakan pelapor khusus tentang kebebasan berpendapat dan berekspresi.

Bukan hanya itu juga ada lagi yakni Alfred de Zayas yang merupakan ahli independen bidang promosi tatanan internasional yang adil dan demokratis. Mereka sediri melakukan konferensi pers pada Senin, 22 Mei 2017 untuk membahas hukuman yang dijatuhkan kepada Ahok.

Dalam konferensi persnya para ahli PBB tersebut medesak agar pemerintahan segera turun tangan dan membatalkan hukuman terhadap Ahok. Mereka sendiri mengungkapkan kekecewaan karena melihat kebencian yang dilontarkan oleh pemimpin demokratis yang justru meminta Ahok dipenjarakan.

Mereka bertiga menilai jika jatuhan hukum kepada Ahok itu akan membuat ketidakbebasan beragama dan berbicara di Indonesia. Ahok sendiri kini tengah ditahan di Mako Brimob Depok, Jawa Barat atas kasus penodaan agama. Mantan Guberrnur DKI Jakarta ini dipastikan bersalah oleh majelis hakim dan dijatuhi dengan hukuman penjara selama dua tahun.

baca juga : Veronica Tan Tak Kuasa Membendung Tangis Saat Bacakan Surat Dari Ahok Tentang Cabut Gugatan Banding!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here