Berita Terkini: Ahok Cabut Gugatan Banding Jaksa Kok Tetap Lanjutkan?

0
1473
Ahok
Copyright©wartakota

Berita Terkini: Ahok Cabut Gugatan Banding Jaksa Kok Tetap Lanjutkan?

Indowarta.com– Terpidana kasus dugaan penistaan agama yakni Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap disapa dengan nama Ahok ini pun telah mencabut permohonan bandingnya di Pengadilan Tingi Jakarta. Namun walaupun sudah begitu, pihak Jaksa Penuntut Umum atau JPU ini masih saja meneruskan permohonan banding atas putusan perkara No.1537/PidB/2016/PNJktutr tersebut.

baca juga : PBB Desak Indonesia untuk Cabut Hukuman Ahok!

Menurut Ketua Umum Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Perindo yakni Ricki Margono, sikap  yang telah ditunjukkan oleh Jaksa ni pun memang cukup aneh dan juga patut untuk dipertanyakan. Terlebih lagi jika motivasi yang telah diperjuangkan ini adalah untuk memaksakan tuntutan ini dikabulkan oleh majelis hakim.

WAJIB BACA :  Ahok Bantah Tuduhan Anies Baswedan Soal Aliran Uang Operasional Gubernur DKI

Ricki saat ditemui di Jakarta pada hari Selasa 23 Mei 2017 ini telah mengatakan “Agak lucu kalau misalkan jaksa mau banding untuk meringankan hukuman. Karena biasanya yang melakukan itu terdakwanya. Tapi terdakwanya kan saat ini tidak, kok yang jadi repot orang lain”.

Ahok
Copyright©detik

Menurut Ricki, sikap jaksa ini menjadi pertanyaan apabila banding yang diajukan untuk memperkuat hukun juga. Hal ini karena putusan yang telah dibacakan oleh hakim Dwiarso Budi Santiarto ini sudah melebihi tuntutan yang telah disampaikan oleh jaksa. Riki mengatakan “Ini sebenarnya hal yang agak aneh juga menurut saya jaksa mengambil langkah banding”.

baca juga : Berita Terkini: Begini Komentar PN Jakut Usai Ahok Cabut Gugatan Banding!

Ricki mengatakan bahwa ada baiknya jaksa ini menghormati putusan yang sudah dikeluarkan oleh majelis hakim tersebut. Ditambah lagi terpidana pada saat ini sudah mencabut banding yang telah disampaikannya. Ricki mengatakan “Dengan dia mencabut banding berarti dia mengakui dengan segala bentuknya. Kalau menurut saya ya dihormati saja putusan itu”.

WAJIB BACA :  Ahok Bantah Tuduhan Anies Baswedan Soal Aliran Uang Operasional Gubernur DKI

Tim Advokasi Bhinneka Tunggal Ika Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Rolas B Sitinjak telah menyebutkan bahwa menyerahkan proses banding kliennya kepada Jaksa Penuntut Umum. Menurut Rolas, setelah kliennya ini mencabut banding yang sempat diajukan ke Pengadilan Tinggi Jakarta, pada saat ini kelanjutannya masiih di tangan JPU.

Rolas saat menggelar konfrensi pers di Jakarta pada hari Selasa 23 Mei 2017 ini telah mengatakan “Ketika Ahok sudah putuskan mencabut banding bagaimana proses peradilannya, sepanjang jaksa tidak mencabut bandingnya ya proses akan jalan terus,”.

baca juga : 

Berita Terkini: JK Minta PBB tak Ikut Campur Soal Hukuman Ahok!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here