Begini Penjelasan KPK Soal Pemeriksaan Sandiaga Uno!

0
701
Sandiaga Uno
Copyright©Megapolitan

Begini Penjelasan KPK Soal Pemeriksaan Sandiaga Uno!

Indowarta.com – Kali ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan penjelasan terkait pemeriksaan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno. Diketahui jika Sandiaga telah menjalani pemeriksaan di gedung KPK pada Selasa, 23 Mei 2017 kemarin. Pemeriksaan tersebut berlansung cukup lama yakni sekitar empat jam.

Penyidik KPK yang melakukan pemeriksaan saat itu menanyakan mengenai dua kasus korupsi. Sandi ditanya mengenai kasus korupsi yang merugikan negara hingga Rp 50 miliar. Hal ini dijelaskan oleh juru bicara KPK, Febri Diansyah saat ditemui oleh wartawan.

Dia mengatakan jika Sandiaga diperikasa hanya untuk menjadi saksi dalam kasus korupsi yang saat itu dibahas. Saat itu Sandi menjadi saksi dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Khusus Penyakit Infeksi dan Pariwisata Universitas Udayana pada tahun 2009 hingga 2011.

WAJIB BACA :  Tagih Janji Anies Baswedan Sandiaga Uno Bikin Stadion Sekelas Old Trafford!

Kemduian yang kedua yakni terkait dengan kasus dugaan korupsi dalam proyek pembangunan Wisma Atlet. Seperti diketahui bersama jika kedua proyek tersebut ditangani oleh PT Duta Graha Indah (DGI). Maka dari itu Sandiaga dipanggil oleh pihak kepolisian sebagai saksi untuk memberikan penjelasannya mengenai kasus korupsi tersebut.

Sandiaga Uno
Copyrigth©pembawaberita

Sandiaga diperiksa terkait kapasitasnya sebagai mantan Komisaris PT DGI saat itu. Bukan hanya Sandi saja yang menjadi saksi namun sebelumnya KPK telah memeriksa sedikitnya 70 orang saksi yang di indikasi mempunyai keterkaitan dengan kasus korupsi ini.

‘Terkait pemeriksaan tersebut penyidik sendiri tengah mendalami terkait kasus dugaan korupsi PT DGI. Sekitar 70 orang saksi telah diperiksa dan terindikasi kerugian negara mencapai Rp 50 miliar’ ujar Febri pada Selasa, 23 Mei 2017.

WAJIB BACA :  Hari Pertama Ngantor, Sandiaga Uno Ngantor Numpang Mobil Pribadi Anies Baswedan!

Sedangkan Febri menjelaskan jika Sandiaga dipanggil oleh pihaknya karena diduga mendegar kejadian korupsi ini. Sandi yang juga mantan Komisaris PT DGI diperiksa menjadi saksi karena menurut informasi jika pasangan Anies Baswedan ini mendengan rangkaian peristiwa kasus korupsi tersebut.

Maka dari itu KPK melakukan pemeriksaan kepada Sandiaga dan untuk membantu penyidik mengungkap kasus dugaan korupsi proyek yang digarap oleh Permai Group. Sementara itu Permai Group sendiri merupakan usaha milik Muhammad Nazaruddin yang juga bedahara umum Partai Demokrat. Sedangkan PT DGI sendiri pernah menangani beberapa proyek di Permai Groub.

baca juga :  Sandiaga Uno Akan Dipanggil KPK Guna Lengkapi Proses Penyidikan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here