Berbagai Fakta Soal Salman Abedi, Pelaku Bom Bunuh Diri dalam ledakan di Manchester!

0
591
Salman Abedi
Copyright©the guardian

Berbagai Fakta Soal Salman Abedi, Pelaku Bom Bunuh Diri dalam ledakan di Manchester!

Indowarta.com – Pihak kepolisian Inggris memastikan pelaku teror Manchester dalam konser Ariana Grande yang menewaskan 22 orag serta melukai 59 lainnya bernama Salman Ramadan Abedi.

Sebenarnya siapakah Salman Abedi yang menjadi pelaku bom bunuh diri tersebut? Berikut ini berbagai fakta soal pelaku.

Salman Abedi lahir di Manchester, Inggris pada 1994 silam. Ia diketahui merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Ayah dan ibunya merupakan pasangan asal Libya yang kemudian melarikan diri ke Inggris untuk menghindari kekejaman pemerintahan Muamar Qadhafy.

Fakta pertama yakni, orang tua Salman adalah imigran asal Libya. Ibu Salman bernama Samia Tabbal yang berusia 50 tahun. Sedangkan ayahnya bernama Ramadan Abedi yang diketahui bekerja sebagai petugas keamanan.

Salman Abedi
Copyright©ITV

Keduanya lahir di Tripoli, Libya, dan kemudian hijrah ke London sebelum akhirnya pindah ke Manchester selatan selama satu dekate terakhir.

Namun menurut penuturan sahabat keluarga itu mengatakan keluarga Abedi telah kembali ke Libya, meninggalkan Salman dan kakaknya, Ismail. Beberapa laporan menyebut bahwa Ismail telah ditangkap polisi terkait teror yang melibatkan sang adik.

Fakta kedua, Salman Abedi tumbuh besar sebagai Manchunian alias warga Manchester. Setelah lulus sekolah menengah atas, ia melanjutkan kuliah di Salford University pada tahun 2014 lalu untuk mempelajari manajemen bisnis. Namun ia berhenti di tengah jalan. Salman diduga telah menikah dan memiliki seorang anak.

Fakta ketiga, Ayah Salman menolak ISIS. Ramadan Abedi yang lebih dikenal oleh komunitas sebagai Abu Ismael Abedi, merupakan muazin din Masjid Didsbury. Dilaporkan ayah salman dikenal sangat taat beribadah dan anti ISIS.

Namun keterangan berbeda diberikan oleh jemaat masjid tentang Salman. Sejumlah pihak menyebut Salman sebagai pribadi yang aneh dan fanatik. Sementara menurut tetangga keluarga Abedi menyebut Salman pernah bertingkah aneh.

Fakta keempat mengenai yakni polisi kini tengah menyelidiki apakah Salman terkait dengan ISIS. Meski kelompok ISIS mengkalim Salman Abedi adalah prajurit mereka yang melancarkan serangan di inggris, polisi masih belum dapat mengkonfirmasi klaim tersebut. sebelum penyelidikan aparat tuntas, motif Salman melakukan teror Manchester pun belum diketahui.

Baca Juga Berita Terkini: Korban Tewas Ledakan Saat Konser Ariana Grande di Manchester Mencapai 22 Jiwa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here