Berita Terkini: HTI Tunjuk Yusril Sebagai Pengacara, Begini Komentar Mendagri!

0
1020
HTI
Copyright ©kompas nasional

HTI Tunjuk Yusril Sebagai Pengacara, Begini Komentar Mendagri!

Indowarta.com – Kelompok masyarakat Hizbut Tahrir Indoensia (HTI) sebelumnya dinyatakan akan dibubarkan oleh pemerintah Indonesia. Namun HTI pun juga menaggapi pembubaran tersebut dan berencana akan membentuk tim pengacara guna menghadapi gugatan yang diajukan pemerintah.

Kali ini HTI resmi menunjuk pengacara Yusril Ihza Mahendra sebgaai koordinator Tim Pembela-HTI dalam persidangan nanti. Tim tersebut dibentuk guna menanggapi dengan serius sikap pemerintah yang berencana akan mengajukan gugatan ke pengadilan.

Mengenai penunjukan Yusril Ihza tesenbut membuat Menetri Dalam Negeri RI, Thahjo Kumolo angkat bicara. Dia mengatakan jika dirinya tak mau bayak berkomentar terkait hal itu. Sedangkan diketahui jika Yusril sendiri merupakan Menteri Hukum dan HAM pada era Presiden Megawati Soekarnoputri.

‘Sata tak mau berkomentar banyak lah. Lalu apa yang dikomentari coba? Tidak ada kan’ ujarnya pada Rabu, 24 Mei 2017.

HTI
Copyright ©kompas nasional

Dia mengatakan jika semua orang ataupun pihak tertentu berhak untuk menentuan kuasa hukum yang dipilihnya untuk menangani suatu perkara. ‘Ya setiap orang berhak menentukan atau mencari siapa yang pantas menjadi pengacara. Demikian pula dengan apa yang dilakukan oerganisasi tersebut’ ujar Thahjo Kumolo.

Sementara itu pemerintah sendiri sebelumnya memutuskan akan membubarkan HTI melalui pengadilan atau jalur hukum. Pemerintah mengambil langkah tegas dengan membubarkan dan melarang kegiatan yang dilakukan oleh kelompok yang diduga menganut garis keras ini.

Hal itu dilakukan pemerintah bukan tanpa alasan dan tentunya mempertimbangkan dengan peraturan pemerintah. Alasan yang pertama karena organisasi HTI ini tak melaksanakan peran positif untuk hadir dalam bagian proses pembangunan untuk mencapai tujuan nasional.

Kemudian pemerintah menilai jika kegiatan yang dilakukan oleh kelompok islam ini terindikasi kuat bertentangan dengan tujuan, asas dari ideologi Pancasila. Bukan hanya itu kegiatan kelompok ini juga dianggap bertentangan dengan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Selanjutnya HTI dinilai menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam kenyaman dan keamaman NKRI. Pada sisi lain Yusril yang ditunjuk sebagai pengacara mengaku siap untuk membela HTI dari upaya pemerintah yang ingin membubarkan kelompok ini. Yusril mengatakan jika dirinya akan membela kelompok tersebut karena kelompok itu merasa ditindas dan diperlakukan dengan tidak adil oleh hukum.

baca juga : Wow, HTI Ternyata Sudah Susun RUU Dasar Negara Khilafah di Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here