Berita Terkini: Gempa Bumi Di Blitar dan Guncang Morowali yang Bikin Heboh Warga!

0
910
gempa
Copyrigth©merdeka

Gempa Bumi Di Blitar dan Guncang Morowali yang Bikin Heboh Warga!

Indowarta.com – Rabu malam, 24 Mei 2017 warga Kabupaten Blitar dan sekitarnya dihebohkan dengan Gempa yang membuat mereka berlarian. Saat ‘Lindu’ sebut orang Blitar terjadi warga berlarian keluar rumah begitu merasakan getaran dahsyat di sekitar mereka.

Menurut informasi getaran akibat Gempa itu terjadi sebanyak dua kali. Nampak sejumlah orang berlarian keluar rumah di wilayah Kota Blitar kerena melihat getaran yang cukup dahsyat hingga membuat dinding rumah mereka ikut bergetar.

Gempa
Copyright©impediapc

Mereka berteriak ‘Lindhu… Lindhu…’ sebut gempa kebanyak orang disana. Gempa bumi ini sendiri juga dirasakan warga sekitar Malang dan ternyata pusatnya berada di Barat Daya Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Informasi ini didapat dari cuitan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Disebutkan oleh BMKG jika gempa terjadi di Barat Daya Kabupaten Blitar sekitar pukul 23.44 WIB. Lokasinya berada di 9,13 Lintang Selatan (LS) dan 111,93 Bujur Timur (BT) atau 115 Kilometer Barat Daya Kabupaten Blitar.

‘Info Gempa Mag : 5,6 SR, 24-May-17 23:44:51 WIB, LOk : 9.13 LS,11,93 BT (115 km BaratDaya KAB-BLITAR-JATIM), KEdlmn : 10 KM : BMKG’ tulis di akun resmi @InfoHumasBMKG.

gempa
Copyright©bmkg

Sementara itu Gempa yang berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) ini juga mengguncang wilayah Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Gempa tetonik ini juga terjadi pada Rabu, 24 Mei 2017 sekitar pukul 16.10 WIB. Diketahui jika gempa bersumber dari aktivitas patahan atau sesar Matano di segmen Gesera.

Mengenai gempa di Morowli ini juga dijelaskan oleh Kepala Bidang informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Kliamatologi dan Geofisika, Daryono. Dia menuturkan jika sumber terletak pada koordinat 2,78 LS dan 122,20 BT dengan kedalam 10 kilometer dan berada di 31 kilometer tenggara Morowali.

Gempa tersebut juga dirasakan di sekitar Morowali dan beberapa daerah sekitarnya seperti Bungku, Sorowako, Kendari, Kolaka serta Palu. Menurut informsi gempa bumi yang mengguncang daerah tersebut tergolong dangkal yang dipicu oleh patahan aktivitas patahan Matano segmen Geresa.

Pihak BMKG sendiir meminta aagra masyarakat tidak panik dan tenang khusunya yang berada di pesisir pantai karena dipastikan tidak berpotensi tsunami. Hingga kini belum diketahui dengan pasti apakah ada keruskan atau tidak akibat gempa ini.

baca juga :  Berita Terkini: Gempa 5.6 SR Di Deli Serdang Hari Ini Terasa Hingga Siantar Aceh !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here