Awas. .Melihat Foto Dan Video Korban Bom di Kampung Melayu Bisa Pengaruhi Psikologi Lho!

0
1297
Bom Kampung Melayu
Copyright©Tribunnews

Awas. .Melihat Foto Dan Video Korban Bom di Kampung Melayu Bisa Pengaruhi Psikologi Lho!

Indowarta.com – Beredarnya foto bom di Kampung Melayu melalui media sosial memang menimbulkan kengerian dan juga trauma bagi orang yang melihatnya. Bahkan beberapafoto yang beredar memperlihatkan foto jenazah yang diduga pelaku.

Selain itu beredar pula video kondisi korban ledakan di kampung Melayu pada rabu (24/5). Sejumlah pihak kemudian mengimbau agar masyarakat berhenti menyebarkan video dan foto bom di Kampung Melayu tersebut.

Hal itu bukan tanpa alasan, pasalnya kengerian yang timbul dari penyebaran gambar maupun konten itu dianggap sebagai teror baru di masyarakat. Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Noor Iza mengatakan, menyebarkan justru membuat teroris bangga.

Bahkan menurut prikiater dari RS Onmni Tangerang, dr.Andri Sp.KJ, menyebutkan, menyebarkan foto-foto korban, apalagi tanpa sensor dapat mempengaruhi psikologi. Tak hanya untuk keluarga koban yang mengalami peristiwa itu, namun juga menyebarkan teror ketakutan pada orang lain.

foto bom kampung melayu
Copyright©Merdeka

Upaya untuk membagikan informasi itu malah membuat rasa takut yang lebih besar. hal inilah yang diinginkan oleh teroris. Ia menambahkan , viralnya foto-foto mengerikan itu juga bisa menambahkan kecemasan pada orang yang memiliki trauma atau punya gangguan kecemasan.

Sedangkan Psikolog Ratih Andjani Ibrahim, M.Psi mengatakan, pada orang yang hati nuraninya masih tebal, tentu akan metasa rishi melihat video atau foto bom di Kampung Melayu itu. apalagi melihat potongan tubuh korban.

“Gambar-gambar tersebut mengoyak kemanusiaan kita. Seharusnya kita juga memberi hukuman sosial bagi yang menyebarkan. Misalnya kalau sudah berulang kali melakukan hal yang sama sebaiknya di-block atau dikeluarkan dari grup percakapan,” ujar Ratih.

Seperti yang telah diketahui, dua ledakan terjadi di dekat halte bus Transjakarta di kawasan Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (24/5) sekitar pukul 21.00 WIB. polisi memastikan bahwa ledakan tersebut berasal dari bom bunuh diri yang diduga dilakukan oleh dua orang. Identitas pelaku masih diidentifikasi.

Selain menimbulkan korban jiwa, ledakan juga membuat halte bus itu rusak. Lokasi ledakan bom Kampung Melayu tersebut tepat berada di samping halte. Foto-foto dan video trkait insiden itu lantasberedar di media sosial dan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp.

Baca Juga Share Foto Korban Bom Kampung Melayu di Medsos Itu Norak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here