Awal Ramadhan 2017 Diperkirakan Akan Serentak, Bulan Sedang ‘Berbaik Hati’!

0
779
Jadwal Puasa Ramadhan 2017
Copyright©kompas

Awal Ramadhan 2017 Diperkirakan Akan Serentak, Bulan Sedang ‘Berbaik Hati’!

Indowarta.com– Perbedaan Awal Ramadhan 2017, Hari Raya Idul Fitri dan juga Idul Adha ini pun memang kerap terjadi di Indonesia. Lalu bagaiamana dengan tahun ini? Apakah mungkin perbedaan itu akan terjadi lagi?

baca juga : Berita Terkini: Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan 2017 Digelar 26 Mei 2017!

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN yakni Thomas Djamaluddin ini telah mengatakan bahwa pada tahun 2017, Awal Ramadhan 2017, Idul Fitri dan juga Idul Adha ini pun kemungkinan besar akan sama.

Posisi bulan di langit pada saat awal bulan Komariah pada tahun tersebutu pun cukup mendukung untuk keseragaman hari-hari penting bagi umat muslim. Hingga tahun 2021 nanti, posisi bulan di luar 0-2 derajat. Jadi Ramadhan, Idul Fitri dan juga Idul Adha ini pun akan sama. Hal ini telah dikatakan oleh Thomas pada hari Senin 22 Mei 2017.

Jadwal Puasa Ramadhan 2017
Copyright©kabarkota

Selama ini telah ada dua penetapan awal puasa dan juga lebaran. Cara yang pertama adalah perhitungan astronomis saja dan juga yang cara kedua adalah disertai dengan pengamatan secara langsung.

Terdapat sebanyak dua syarat sehingga hilal – bulan sabit sangat tipis penanda awal bulan komariah – dinyatakan sah dan bisa jadi tanda awal bulan. Thomas mengatakan “Selama ini perbedaan muncul karena posisi bulan antara 0 – 2 derajat sehingga tidak bisa teramati secara langsung perhitungan astronomis sudah menunjukkan hilal tampak”.

baca juga : Muhammadiyah Umumkan Awal Puasa Bulan Ramadhan Tahun 2017 Sekaligus Hari Raya Idul Fitri!

Menurut Thomas, pada awal Ramadhan 2017 ini pun posisi bulan telah diperkirakan sudah pada ketinggian 7 hingga 8 derajat dari ufuk sehingga akan mudah terlihat. Sementara itu pada saat lebaran nanti ketinggian telah diprediksi 2 hingga 3 derajat.

Keseragamana dari awal puasa dan juga lebaran selama ini hanyalah sebuah kebetulan saja atas dukungan langit. Upaya untuk menyeragamkan kriteria hilal ini pun masih pelu dilakukan lagi.

Sementara itu, jelang sidang Isbat penentuan 1 Ramadhan 1438 Hijriah, Kementerian Agama telah mempersiapkan tim yang akan diterjunkan ke 84 titik pantau di seluruh Indonesia.

baca juga : 

Tentukan Jadwal Puasa Ramadhan 2017, Kementrian Agama Akan Gelar Sidang Isbat Jumat Sore!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here