Marhaban Ya Ramadhan, Makna Tersembunyi Dibalik Kalimat Menyambut Ramadhan 2017 Ini!

0
6362
Marhaban Ya Ramadhan
Copyright©infomakkah

Marhaban Ya Ramadhan, Makna Tersembunyi Dibalik Kalimat Menyambut Ramadhan 2017 Ini!

Indowarta.comMarhaban Ya Ramadhan sering kali dikatakan sebelum kita menyambut datangnya bulan puasa. Seakan sudah barang penting jika kita umat islam saling mengucapkan kepada umat muslim lainnya untuk menyambut bulan suci penuh berkah ini.

Bukan hanya itu dengan seiring berkembangnya teknologi komunikasi dan pada media sosial Marhaban Ya Ramadhan ini sering kali di jadikan hal unik. Sering kali terlihat gambar maupun tulisan yang unik dan juga bermaksud menyambut datangnya bulan yang satu ini.

Seperti diketahui jika Bulan Ramdhan sendiri merupakan bulan yang paling dinanti oleh umat muslim. Hal itu karena berbagi macam keutamaan yang ada didalamnya mulai dari ampunan dosa, berlipat-lipat pahala dan juga turunya rahmat serta keberkahan dari Allah SWT.

Bukan hanya itu saja pada sepuluh hari terakhir nanti  orang yang menjlankan puasa di bulan ini juga berhak mendapat suatu malam yang mulia. Mereka nantinya akan menunggu malam tersebut sembari beribadah kepada Allah dan mereka akan diberikan pahala yang berlipat jika mampu mendapatkannya.

Marhaban Ya Ramadhan
Copyright©website

Jika nanti mereka berhasil menemui malam tersebut dan sedang beribadah niscaya mereka akan memperoleh pahala seperti seribu bulan. Maka dari itu ramadhan adalah bulan yang syarat dengan kemuliaan.

Kemudian banyak sekali umat muslim menyambut bulan ini dengan ucapan Marhaban Ya Ramadhan. Bahkan kata ini sering diucapkan melalui media sosial mulai dari tulisan hingga gambar menarik. Namun apakah kalian tau arti dari kata ini? apakah sebenarnya arti dari ‘Marhaban Ya Ramadhan’?

Diketahui jika banyak dari umat islam mengartikan ucapan tersebit sebagai ‘Selamat datang wahai bulan ramadhan’. Namun jika kita mengerti sebenarnya arti kata tersebut bukanlah seperti itu. Jika ditelaah dengan kamus besar bahasa Indonesia tentunya kata tersebut mempunyai arti tersendiri.

Mulai dari ‘Marhaban’ yang sebenarnya mempunyai makna arti kata seru untuk menyambut atau menghormati tamu atau selamat datang. Sedangkan dalam bahasa Arab sering disebut ‘rahb’ yang artinya luas atau lapang. Maka dari itu ucapan ini menunjukan maksud kelapangan dada untuk menyambut tamu yang datang.

Maka dari itu Marhaban Ya Ramadhan diartikan selamat datang bulan Ramadhan sekaligus ditambah dengan  menerima secara lapang dada dan juga penuh kegembiraan bulan suci ini. Oleh sebab itu Ramadhan 2017 sekaligus bulan suci ini diisi dengan kegembiraan dan tidak dengan menggerutu.

baca juga : Berita Terkini: Pemprov DKI Wajibkan Diskotek dan Klub Malam Tutup Selama Ramadhan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here