Niat Puasa Ramadhan dan Doa Ketika Berbuka Puasa!

    0
    1530
    Ramadhan
    Copyright©Twitter

    Niat Puasa Ramadhan dan Doa Ketika Berbuka Puasa!

    Indowarta.com – Sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang penuh berkah, yakni Bulan Ramadhan. Saat bulan itu, umat Islam akan menjalankan salah satu kewajibannya, yakni puasa ramadhan. Untuk menjalankan kewajiban ini ada syarat yang harus dipenuhi, misalnya baligh, sehat, berakal atau tidak gila,dan lain sebagainya.

    Jika setiap orang telah memenuhi syarat tersebut namun tidak menjalankan ibadah puasa maka berdosa hukumnya, sebab puasa merupukan rukun islam setelah shalat.

    Puasa sendiri tak hanya sebatas menahan lapar dan dahaga, namun di dalamnya menyimpan banyak sekali hikmah dan keutamaannya. Jika dilihat dari sisi kehidupan puasa ini menumbuhkan rasa toleransi antara satu dengan yanglainnya, menghilangkan rasa angkuh dan sombong, melatih kesabaran dan lain sebagainya.

    Baca Juga Cegah Bau Mulut dengan Periksa Gigi Sebelum Ramadhan 2017 Yuuk!

    Jika dilihat dari segi ibadah, puasa dapat menyelamatkan kita dari api neraka, diampuni dosa-dosanya serta masih banyak yang lainnya.

    Tapi dalam berpuasa ada hal yang harus di taati dah harus dilaksanakan, yakni salah satunya niat puasa ramadhan. Niat merupakan rukun yang tidak boleh ditinggalkan, karena jika salah satu rukun tertinggal, dipastikan ibadah itu tidak sah.

    Lalu bagaimana jika niat puasa ramadhan ini lupa dibacakan di malam hari sementara ingatnya sudah pagi atau setelah selesai Shalat Subuh? Dalam hal ini dipastikan bahwa puasanya tidak sah, meski kita telah melaksanakan sahur dan tujuan sahur itu untuk berpuasa, meski bergitu tetap tidak boleh makan atau minum sebagaimana halnya orang yang berpuasa dan wajib qadha.

    Apakah Anda sudah tahu bagaimana niat puasa ramadhan? Berikut ini adalah niat puasa yang harus dibaca:

    Niat Puasa Ramadhan
    Copyright©doamuslim

    Nawaitu souma godhin an adaa i, fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi taaalaa

    Artinya : Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini kareba Allah Ta’ala.

    Sebaiknya niat puasa ramadhan ini dibacakan waktu malam hari hingga sebelum datangnya waktu shubuh, serta diucapkan di dalam hati. Tapi alangkag baiknya jika kita ikut Shalat Tarawih dan setelah selesai shalat membaca niat ini.

    Sedangkan untuk niat berbuka puasa merupakan kesunahan saat menyantap makanan akan lebih berkah sehingga penting juga untuk tidak ditinggalkan. namun jika lupa tidak apa-apa karena tidak mengganggu amalan puasa yang dilaksanakan. berikut ini niat berbuka puasa:

    doa buka puasa
    Copyright©Learn Is Easy

    Demikian pembahasan tentang Puasa Ramadhan, niat puasa ramadhan dan doa berbuka puasa. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

    Baca Juga Marhaban Ya Ramadhan, Makna Tersembunyi Dibalik Kalimat Menyambut Ramadhan 2017 Ini!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here