Tentukan Awal Puasa Ramadhan 2017, NU Pantai 90 Titik Hilal!

0
1041
Awal Puasa Ramadhan
Copyright©tribun jogja

Tentukan Awal Puasa Ramadhan 2017, NU Pantai 90 Titik Hilal!

Indowarat.com – Untuk melihat jatuhnya Awal Puasa Ramadhan tentunya sejumlah lembaga islam melakukan pemantaun hilal yang berada disejumlah wilayah di Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh Nahdltul Ulama (NU) yang akan memantau 90 titik hilal di seluruh wilayah Indonesia.

Dilakukannya pamantauan di titik-titik hilal ini untuk memastikan kapan Awal Puasa Ramadhan 2017 atau 1438 H akan jatuh. Mengenai hal ini juga disampaiakn oleh Ketua Umum Pengurus Besr Nhdlatul Ulama, KH Said Aqil Siroj.

Dia mengatakan jika pemantauan hilal dilakukan di 90 titik sejumlah wilayah Indonesia. Pemantauan tersebut akan dilakukan hari ini Jumat, 26 Mei 2017. Beberapa tempat yang dijadikan tiitk pemantauan diantaranya Sumenep, Bawean, Situbondo dan sejumlah wilayah lainnya yang berada di Indonesia.

‘Kami akan lakukan pemantaun Jumat dan kami akan pantau titik hilal di 90 titik di Indoensia seperti Sumep, Bawean, Situbondo dan sejumlah daerah lainnya. Hal itu kami lakukan untuk menentukan awal puasa Ramadhan tahun ini‘ ujarnya saat ditemui di kantor PBNU, Salemba, Jakarta Pusat pada Kamis, 25 Mei 2017.

Awal Puasa Ramadhan
Copyright©nasionalkompas

Sementara itu pemantauan hilal untuk menentukan Awal Puasa Ramadhan sudah dilakukan terlebih dahulu oleh Muhammadiyah. Muhammdiyah menyatakan jika awal puasa ramadhan 2017 akan jatuh pada Sabtu, 27 Mei 2017 besok.

Sepertinya puasa ramadhan tahun ini akan jatuh bersamaan antara NU dan Muhammadiyah. Namun Said mengatakan jika pihaknya belum bisa menentukan dengan pasti apakah nanti NU juga akan mulai awal puasa kali in islam dengan tanggal yang ditentukan terlebih dahulu oleh Muhmmadiyah.

Sebelum dilakukan umat muslim menjalani puasa pertama kali sendiri dilakukan yang namanya rukyat hilal. Sedangkan Hilal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai arti tersendiri yakni bulan sabit, bulan yang terbit pada tanggal satu bulan Kamariyah.

Sedangkan Rukyat sendiri merupakan perihal untuk melihat bulan tanggal satu untuk menentukan dri permulaan dan penghabisan bulan Ramadhan. Sedagkan penentuan awal puasa akan dilakukan oleh Kementerian Agama pada hari ini Jumat, 26 Mei 2017.

Pada sidang penentuan Awal Puasa Ramadhan ini natinya akan segera digelar dan akan diumumkan ke seleuruh masyarkat Indonesia. Kementerian Agama nantinya akan terlebih dahulu melakukan pemantauan hilal di 77 titik di seluruh Indoensia.

baca juga : Marhaban Ya Ramadhan, Makna Tersembunyi Dibalik Kalimat Menyambut Ramadhan 2017 Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here