Kupas Tuntas Soal Aturan Siapa Saja yang Masuk Kokpit, Keluarga Tetap Dibolehkan?

0
480
Lion Air
Copyright©suratkabar

Kupas Tuntas Soal Aturan Siapa Saja yang Masuk Kokpit, Keluarga Tetap Dibolehkan?

Indowarta.com– Kasus oknum pilot Lion Air  yang telah kedapatan mengajak keluarganya untuk masuk ke dalam kokpit ini telah membuat para netizen heboh di media sosial. Ombudsman telah menilai bahwa tidak ada yang boleh masuk ke dalam kokpit selailn pilot dan juga kru penerbangan pada saat pesawat sedang berada di udara.

baca juga : Lion Air Selidiki Insiden Pilot Bawa Keluarga Masuk ke Kokpit!

Anggota Ombudsman RI yakni Alvin Lie ini telah menjelaskan bahwa selalin pilot dan juga kopilot, pihak  yang boleh masuk ke dalam Kokpit Pesawat pada saat pesawat terbang ini adaah personel berlisensi teknisi penerbangan, inspektur penerbangan dan petugas maskapai yang ditunjuk.

Alvin dlam peesannya kepada salah satu awak media pada hari Kamis 15 Mei 2017 ini telah menyebutkan “Selain itu tidak boleh ada orang lain yang boleh berada di Kokpit Pesawat saat sedang terbang. Itu diatur dalam CASR (Civil Aviation Safety Regulation) yang telah diratifikasi menjadi peraturan RI”.

Lion Air
Copyright©tribustyle

Lalu Alvin menambahkan “Selain Captain & Copilot in Command (yang sedang bertugas) tidak boleh ada orang lain yang duduk di kursi pilot. Orang yang diijinkan masuk kokpit, duduk di kursi tengah (Jump Seat),”.

Alvin menjelaskan lebih lanjut lagi bahwa penumpang boleh saja melihat kokpit pada saat pesawat sedang tidak terbang pada saat itu. Namun hal itu juga perlu mendapatkan persetujuan dari pihak maskapai.

baca juga : Viral di FB, Curhatan Penumpang Lion Air yang Lihat Pilotnya Masukkan Keluarga di Dalam Kokpit Ini Bikin Heboh Netizen!

Alvin menyebutkan “Captain dapat mengijinkan penumpang untuk melihat Kokpit Pesawat saat penerbangan selesai. Ketika pesawat dalam kondisi parkir di apron”. Alvin menegaskan bahwa adanya peraturan itu agar penerbangan berjalan dengan selamat. Tidak hanya itu, hal ini juga bertujuan agar pilot dan juga kopilot ini bisa berkonsentrasi sepenuhnya pada saat penerbangan.

Sebelumnya pihak dari Lion Air sendiri juga telah memberikan responnya terkait dengan kedapatannya pilot yang telah membawa masuk anak dan juga istrinya ke dalam kokpit pilot. Manajer humas Lion Air Andi Saladin dalam pernyataanya pada hari Kamis 25 Mei 2017 ini telah mengatakan “Terkait dengan adanya laporan dari penumpang di sosial media yang menyatakan bahwa melihat adanya orang lain selain petugas yang masuk cockpit pada saat penerbangan JT 015 berlangsung pada tanggal 23 Mei 2017, maka saat itu juga kami melakukan investigasi terkait hal ini.

baca juga : 

Anggota Dewan Desak Lion Air Pecat Pilot yang Bawa Anak Istri ke Kokpit Pilot!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here