Berita Terkini: Sebagian Muslim di Nagan Tentukan Awal Ramadhan Jatuh Hari Ini, Sudah Mulai Berpuasa!

0
768
Niat Puasa Ramadhan

Berita Terkini: Sebagian Muslim di Nagan Tentukan Awal  Ramadhan Jatuh  Hari Ini, Sudah Mulai Berpuasa!

Indowarta.com- Sebagian umat muslim yang telah tersebar di sepuluh kecamatan di Kabupaten Nagan Raya ini telah mulai melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah pada hari Kamis 25 Mei 2017. Ribuan masyarakat ini di wiayah ini telah menjalankan ibadah puasa meskipun masih belum ada penetapan satu Ramadhan dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

baca juga : Marhaban Ya Ramadhan, Begini Niat Shalat Tarawih dan Witir Arab dan Latin Lengkap!

Tidak hanya ibadah puasa saja, pada hari Rabu 24 Mei 2017 malam hari umat muslim yang berada di wilayah tersbeut juga telah memulai untuk menunaikan ibadah sholat tarawih di setiap masjid yang khususnya di sebagai desa di Kecamatan Seunangan Timur.

Salah satu warga Seunagan Timur yang merupakan salah satu pengikut Ulama Kharismatik Habib Muda Seunagan yakni Majiburrahman ini pun telah mengatakan bahwa ibadah puasa ini telah dilaksanakan itu seusai dengan keputusan dari Abu Habib Qudrat yang merupakan pemegang amanah Abu Habib Muda Seunagan, seusai dengan keputusan hisab yang telah disampaikan ke masyarakat yang khususnya kalangan pengikut.

Puasa Ramadhan
Copyright©RIZALmedia

Sementara itu Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah ini telah jauh-jauh hari ini sudah menetapkan awal puasa Ramadhan 2017 berdasarkand ari hasil hisab wujudul hilal. Bunyi maklumat yang ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan M Abdul Mu’ti, pada 1 Maret 2017 adalah “Berdasarkan hasil hisab itu, PP Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1438 H jatuh pada Sabtu Pahing, 27 Mei 2017 M”.

baca juga : Niat Puasa Ramadhan dan Doa Ketika Berbuka Puasa!

Pada Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/2017 tersebut telah dinyatakan bahwa Ijtimak menjelang Ramadhan 1438 H ini pun telah terjadi pada hari Jumat 26 Mei 2017 pukul 02.46 WIB. Lalu sudut ketinggian bulan pada saat matahari ini terbenam di Yogyakarta pada hari Jumat 26 Mei 2017 sudah lebih dari 8 derajat.

Sementara itu pemerintah melalui kementerian Agama ini pun baru akan menggelar sidang Isbat penentuan awal puasa Ramadhan 2017 ini pada  hari Jumat malam nanti.

baca juga : 

Tentukan Awal Puasa Ramadhan 2017, NU Pantai 90 Titik Hilal!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here