Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa Ramadhan 2017 Akan Digelar Sore Ini!

0
733
Marhaban Ya Ramadhan
Copyright©website

Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa Ramadhan 2017 Akan Digelar Sore Ini!

Indowarta.com– Tinggal menghitung hari lagi waktu memasuki bulan Ramadhan ini. Telah dijadwalkan bahwa sidang isbat untuk menentukan Awal Puasa Ramadhan 1438 H ini akan digelar pada hari Jumat 26 Mei 2017 nanti.

baca juga : Marhaban Ya Ramadhan, Begini Niat Shalat Tarawih dan Witir Arab dan Latin Lengkap!

Plt. Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin seperti dikutip dari websiter Kemenag pada hari Kamis 25 Mei 2017 ini telah menyebutkan “Sidang itsbat awal Ramadan akan dilaksanakan pada Jumat, 26 Mei 2017M di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta,”.

Kamaruddin ini telah menjelaskan bahwa sidan Isbat ini akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, perwakilan dari Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Bulan Ramadhan
Copyright©fokusislam

Rasjidi mengatakan bahwa sidang isbat ini merupakan wujud dari kebersamaan Kementerian Agama selaku Pemerintah dengan Ormas Islam dan juga Instansi dalam mengambil sebuah keputusan yang hasilnya nanti bisa diharapkan untuk dilaksanakan bersama.

Porsesi sidang ini akan mulai pada pukul 17.00 WIB. Sedangkan untuk sidang Isbat untuk menentukan awal puasa Ramadhan 1438 H baru akan dimulai setelah magrib. Kamaruddin mengatakan “Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan 1438H akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1438H”.

baca juga : Niat Puasa Ramadhan dan Doa Ketika Berbuka Puasa!

Kamaruddin mengatakan “Sidangnya tertutup, sebagaimana itsbat awal Ramadan dan awal Syawal tahun lalu. Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang”. Sementara itu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ini akan memimpin langsung sidang isbat. Tahapan pertama sidang isbat ini dilakukan pemaran oleh Ketua Tim Hisab Rukyat Kemenag Cecep Nurwendaya. Dalam pemaparannya, Cecep menyampaikan prinsip sidang isbat.

Cecep mengatakan “Sebagaimana kita ketahui bersama, bulan ialah satelit bumi yang mengedari bumi. Karena kita ada di bumi, maka kita dapat melihat posisi bulan. Yang bisa kita amati bagaimana ketampakan bulan dari hari ke hari berdasarkan pada fasenya atau bentuknya. Secara astronomis kita kenal ada new moon, bulan baru”.

baca juga : 

Marhaban Ya Ramadhan, Makna Tersembunyi Dibalik Kalimat Menyambut Ramadhan 2017 Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here