Niat Puasa Ramadhan Harus Dilakukan di Malam Hari, Kalau Lupa?

0
864
Marhaban Ya Ramadhan
Copyright©website

Niat Puasa Ramadhan Harus Dilakukan di Malam Hari, Kalau Lupa?

Indowarta.com – Bulan Puasa Ramadhan kini sudah dekat, kita umat muslim sudah mulai melakukan puasa esok Sabtu, 27 Mei 2017. Namun perlu diingat jika Niat Puasa Ramadhan sendiri dilakukan pada malam hari dan salah satunya ketikan kita mengerjakan amalan sunnah yakni sholat Taraweh.

Niat Puasa Ramadhan sendiri merupkan syarat utama dalam menjalankan ibadah puasa pada bulan suci ini. Untuk syarat wajib berpuasa yakni beragama islam, sudah berusia baligh, berakal sehat, bersih dari haid dan nifas senjng hari dan sanggup untuk menunikan ibadah puasa.

Ramadhan
Copyright©Twitter

Ketentuan untuk menjalankan ibadah puasa sendiri sudah dijelaskan di kitab suci agama islam yakni Al-Quran. Untuk syarat pertamanya yakni bergama islam dan kemudian disusul dengan niat ketika akan melakukan puasa. Niat dilakukan pada malam hari dan pada keesokan harinya baru berpusa.

Kemudian baligh karena puasa pada bulan Ramadhan sendiri diwajibkan untuk seluruh umat muslim yang sudah dewasa. Sedangkan untuk anak-ank bagaiman, tentu sama saja dianjurkan agar ia juga melaksnakan ibadah puasa karena termasuk belajar.

Niat Puasa Ramadhan
Copyright©doamuslim

Selin Niat Puasa Ramadhan pada malam hari puas juga diperuntukan untuk orang yang berakal. Tidak wajib atau batal bagi orang-oang yang gila akalnya dan orang yang pingsan karena dalam kondisi tersebut menyebabkan hilang akal. Dan justru tak membatalkan puasa jika orang tersebut menggunakannya dengan tidur sepanjang hari.

Bersih terhadap haid dan nifas juga menjadi syarat sah puasa. Jika perempuan  datang pada waktunya di siang hari sebelum waktu berbuka maka puasanya dianggap batal atau tidak sah. Kemduian untuk syarat selanjutnya yakni sanggup menunaikan puasa dan untuk orangtua, orang berpergian jauh, ibu hamil dan lain sebagainya diperbolehkan tidak puasa.

Sedangkan untuk Niat Puasa Ramadhan sendiri berbeda dengan niat puas sunnah atau puasa lainnya. Niat sendiri tidak harus diucapkan dalam bahasa Arab namun cukup dengan bahas yang kita mengerti. Namun niat tersebut harus dari dalam hati dan dinjurkn untuk dilafadzkan dengan lisan. Namun cukup diketahui saja jika niat hanya diucap melalui lisan dan dalam hatinya tidak maka ia tidak dianggap berniat.

baca juga : Tentukan Awal Puasa Ramadhan 2017, NU Pantai 90 Titik Hilal!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here