Terapkan Menu Makanan Sehat Ketika Buka Puasa Sampai Sahur!

0
624
Menu Buka Puasa
Copyright©kutipanterbaru

Terapkan Menu Makanan Sehat Ketika Buka Puasa Sampai Sahur!

Indowarta.com – Bulan Ramadhan 2017 yang dinantikan oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia kini sudah tiba. Dalam berpuasa tentunya kita selalu menunggu waktu berbuka sembari mengisinya dengan berbagai amalan kebajikan. Menu Buka Puasa menjadi pembeda tentunya dengan konsumsi yang dimakan ketika tidak menjalankan ibadah puasa.

Sealama seharian kita harus menahan lapar dan juga haus hingga waktu berbuka tiba. Kondisi ini tentunya menjadi tantangan tersendiri agar kalian umat muslim memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup selama seharian penuh. Kini akan dihadirkan beberapa rencana memilih menu buka puasa yang sehat.

Untuk menjaga asupan nutrisi dan menjaga kecukupan makanan yang bergizi serta seimbang layak dipilih dalam menu berbuka. Sebelum dan selesai menjalankan ibadah puasa perlu mengkonsumsi makanan dari kelompok utama yakni makanan yang mengandung karbohidrat.

Namun kelompok utama tersebut juga perlu didukung dengan buah-buahan, sayuran, roti dan sereal. Untuk menjaga keseimbangan protein kalian yang menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan juga perlu mengkonsumsi daging, ikan dan ayam. Untuk menyeimbangkannya juga perlu dengan susu dan keju serta makan lemak dan gula.

Menu Buka Puasa
Copyright©liputan6

Dalam islam dianjurkan mengenai Menu Buka Puasa dihadirkan makanan yang manis-manis seperti kurma. Untuk minumannya air putih menjadi pilihan utama untuk pembuka yang sehat. Kurma dan juga air putih ini dapat membantu memulihkan kadar gula dan garam dalam tubuh yang menurun karena sehrian berpuasa.

Sedangkan untuk sarhur sebaiknya kalian umat muslim mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan berserat tinggi. Makan yang mengandung karbohidrat tidak harus nasi bisa juga gandum, ketela serta makanan jenis kacang-kacangan.

Makanan yang kaya akan serat yakni berupa buah-buahan itu sendiri setelh dimakan akan mudah dicerna. Dari memkan buah-buahan kebutuhan cairan dan juga vitamin akn terpenuhi selama beribdah puasa. Namun sejumlah makanan juga harus dihindari saat berbuuka maupun sahur.

Sebaiknya pada Menu Buka Puasa hindari minuman yang mengandung kafein serta minuman dingin, teh dan kopi. Hal itu karena dengan mengkonsumsi tersebut nantinya kalian akan cepat kehilangan cairan karena sering buang air kecil. Kemudian untuk makan juga hindari gorengan yang mengandung banyak minyak dan makan berlemak tinggi.

baca juga : Niat Puasa Ramadhan Harus Dilakukan di Malam Hari, Kalau Lupa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here