Berita Terkini: Tahap Pembubaran HTI di Indonesia Sudah masuk Tahap Finalisasi!

0
992
HTI
Copyright©Panjimas

Tahap Pembubaran HTI di Indonesia Sudah masuk Tahap Finalisasi!

Indowarta.com – Terkait dengan pembubaran organisasi kemasyarakatan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan saat ini sedang dalam tahap finalisasi. Pihaknya juga telah dilibatkan dalam pembahasan-pembahaan tersebut.

nantinya ada beberapa opsi yang akan ditempuh. Opsi mana yang dirasa paling tepat, nanti sedang difinalisasikan. Di sisi lain Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mohammad Mahfud MD mengatakan, pemrintah perlu menyiapkan pendapat dalam gugatan pembubaran HTI di pengadilan.

Jika pemerintah kalah ada prosedur mengenai teknisnya karena substansinya sudah jelas. Prosedir teknisnya bisa diulang lagi. Pengadilan nanti memiliki dua putusan yakni antara menolak dan menerima. Jika tidak terima, pemerintah dapat mengajukan kembali gugatan pembubaran HTI dengan melengkapi syarat administratif.

HTI sendiri berencana akan membentuk tim hukum untuk menghadapi rencana pembubaran yang dilakukan oleh pemerintah. Tim hukum tersebut akan dipimpin Yusril Ihza mahendra.

HTI
Copyright©inilah

Ia mengaku akan ada seribu pengacara yang siap bergabung dalam tim pembela HTI. Timpembela yang berasal dari seluruh Indonesia itu nantinya akan memiliki tugas tersendiri.

Juru bicara Hizbut Tahrir Indonesia , Ismail Yusanto menegaskan tidak aka nada gugatan yang dilakukan oleh HTI karena memang tidak ada yang perlu digugat. Pasalnya, pemerintah saat ini baru sekadar niat untuk membubarkan ormasnya melalui pernyataan yang disampaikan oleh MenkoPolhukam Wiranto beberapa waktu lalu.

Seperti yang telah diketahui, pemerintah melalui Kementerian Politik Hukum dan Keamanan telah mengeluarkan pernyataan pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia. Pernyataan tersebut dikeluarkan pada Senin, 8 Mei 2017.

Baca Juga Berita Terkini: HTI Tunjuk Yusril Sebagai Pengacara, Begini Komentar Mendagri!

Rencana pembubaran HTI ini bukan tanpa sebab. Pasalnya organisasi kemasyarakatan ini dinilai melenceng dari dasar dan asas kehidupan negara. Saat ini pemerintah tengah mengumpulkan barang bukti dan menyusun mekanisme pengajuan pembubaran ormas tersebut ke pengadilan.

Wsebelumnya Wiranto mengatakan bahwa HTI terindikasi kuat bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Namun tudingan tersebut langsung dibantah oleh Ismail. Juru bicara HTI ini mengaku menyesalkan langkah yang diambil oleh pemerintah itu. Ia membantah seluruh tudingan terhadap ormasnya.

Baca Juga Alasan Hukum Pembubaran HTI!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here