Berita Terkini: Bahan Bom Kampung Melayu Sering Dijuluki Ibunya Setan!

0
1028
Tito Karnavian
Copyright©BukaFakta

Bahan Bom Kampung Melayu Sering Dijuluki Ibunya Setan!

Indowarta.com –  Bom Kampung Melayu yang meledak di sebelah Halte Bus Transjakrta Kampung Melayu Jakarta Timur belum lah usai. Polisi masih menyelidiki pelaku dan barang bukti yang dietmukan diloksi kejadian meledaknya bom. Untuk bom sepertinya sudah diketahui dan saat itu langsung diteliti di laboratorium.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian juga ikut angkat bicara terkait hal ini. Dia mengatakan jika bahan peledak yang digunakan dalam peristiwa Bom Kampung Melayu ini sudah diketahui oleh pihaknya.

Tito menuturkan jika bahan peledak tersebut berjenis triacetoe triperoxide (TATP). Bahan peledak ini berbentuk serbuk berwarna putih dan cara pembuatannya sendiri juga gampang. Bahan ini dibuat dengan mencampurkan tiner dan beberapa zat kimia kemudian jadilah bahan peledak.

Menurutnya peledak ini dijuluki TATP atau sering disebutkan sebagai ibunya setan. ‘Bahan ini sering disebut TATP atau Ibunya setan jika di sisni’ ujar Tito saat ditemui di Rumah Sakit Polri, Jakarta Timur pada Jumat, 26 Mie 2017.

Copyright©Harian Bernas

Sementara itu Bom Kampung Melayu sendiri dikaitkan dengan aksi terorisme. Menurut Tito TATP sendiri merupakan ciri khas aksi teror yang sering dilakukan oleh jaringan Negera Islam Irak dan Suriah (ISIS). Dan kejadian serupa dengan bahan yang sama pula juga terjadi di Kota Manchester beberapa waktu yang lalu.

TATP atau ibunya setan ini diklaim lebih berbahaya dibandingkan dengan trinitrotoluene (TNT). Menurut penjelasan dari Tito jika TNT membutuhkan donator untuk meledakannya sedangkan TATP hanya membutuhkan getaran dan panas supaya bisa membuatnya meledak.

Sebelumnya dikatakan jika pelaku bom bunuh diri di Kampung Melayu ini merupakan jaringan Bahrul Naim. Bahrul Naim sendiri merupakan salah satu jaringan yang terdiri dari kelompok yang menamakan dirinya sebagai Jamaah Ansrut Daulah (JAD).

Menurut informasi jika JAD semakin mahir untuk membuat bahan peledak jenis TATP. Jadi dipastikan jika JAD merupakan kelompok yang bertanggung jawab atas peledakan bom di Terminal Kampung Melayu beberapa hari yang lalu. Sebelumnya kejadian pengeboman serupa yang diduga dilakukan oleh JAD juga terjadi di Taman Pandawa, Kota Bandung.

Sementara itu mengenai bahan peledak Bom Kampung Melayu ini sendiri sebelumnya juga sudah dijelaskan oleh tim laboratorium forensik. Saat itu dikatakan jika bom ini berdaya ledak lebih besar dari pada bom Bandung dan bom ini dipastikan bertekanan high setelah laboratorium menemukan adanya kandungan serbuk residu.

baca juga : Menyisir Jejak Komplotan Pelaku Ledakan Bom di Kampung Melayu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here