Menelisik Langkah Mundur yang Dilakukan Ahok Dari Kursi 1 DKI!

0
1310
Ahok
Copyright©kapanlagi

Menelisik Langkah Mundur yang Dilakukan Ahok Dari Kursi 1 DKI!

Indowarta.com- Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih kita kenal dengan nama Ahok ini telah mencabut banding yang telah dilayangkan atas vonis dua tahun penjara yang diberikan oleh majelis hakim. Ahok pun juga telah menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai Gubernur DKI Jakarta kepada Presiden Joko Widodo setelah membuat keputusan yang mengejutkan publik itu.

baca juga : PBB Desak Indonesia untuk Cabut Hukuman Ahok!

Keputusan yang telah dibuat Ahok itu telah disampaikan pertama kali oleh ketua tim kuasa hukum Ahok yakni I Wayan Sudirta. Surat pengunduran diri itu telah disampaikan oleh Ahok kepada presiden melalui Menteri Dalam Negeri yakni Tjahjo Kumolo.

WAJIB BACA :  Pujian Jokowi Untuk Ahok Saat Meresmikan Simpang Susun Semanggi!

Wayan mengatakan bahwa pengunduran diri Ahok ini dibuat dengan alasan Ahok tidak ingin mengganggu pemerinah dengan status hukum yang dia sandang pada saat ini. Keputusan pencabutan banding ini pun juga telah diambil setelah keluarga dan juga Ahok ini melakukan musyawarah.

Ahok
Copyright©kompas

Menurut istri Ahok yakni Veronica, keluarga selalu memberikan dukungan apa yang telah menjadi putusan Ahok. Bahkan pihak keluarga juga memberikan dukungan kepada Ahok untuk menjalani hukuman dua tahun penjara yang diajatuhkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

baca juga : Berita Terkini: Begini Komentar PN Jakut Usai Ahok Cabut Gugatan Banding!

Vero mengatakan bahwa baik pihak keluarga maupun kuasa hukum ini telah menyadari keputusan yang dibuat Ahok yang mencabut banding ini. Vero menegaskan bahwa pihak keluarga tidak akan memperpanjang lagi dan menjalankan apa yang telah diputuskan.

WAJIB BACA :  Pujian Kepada Ahok yang Mengalir Saat Peresmian Simpang Susun Semanggi!

Dengan pengunduran diri Ahok, Kemendagri telah mengusulkan Plt Gubernur DKI Jakarta yakni Djarot Saiful Hidayat ini untuk menjadi gubernur definitif. Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono menjelaskan bahwa Ahok yang telah berstatus nonaktif ini telah mengajukan surat pengunduran dirinya sebagai Gubernur DKI Jakarta ke Jokowi dengan tebusan Mendagri pada hari Selasa 23 Mei 2017.

Surat penonaktifan Ahok ini telah dikeluarkan semenjak tanggal 12 Mei 2017 setelah vonis 2 tahun penjara dalam kasus dugaan penistaan agama. Sumarsono telah menjelaskan bahwa berdasarkan Pasal 65 ayat 4 Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemda, Ahok sudah diberhentikan sementara. Selain itu  juga ada Keppres Nomor 56/p Tahun 2017 tertanggal 12 Mei 2017.

baca juga : 

Berita Terkini: Ahok Kembalikan Sisa Uang Operasional Senilai Rp 1.2 Miliar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here