Ingat, Berbagai Hal Ini Bisa Membatalkan Puasa Atau Makruh dan Mengurangi Kemurnian Puasa Lho!

    1
    477
    hal yang membatalkan puasa
    Copyright©ilmu islami

    Ingat, Berbagai Hal Ini Bisa Membatalkan Puasa Atau Makruh dan Mengurangi Kemurnian Puasa Lho!

    Indowarta.com – kita sudah memasuki bulan Ramadhan 2017 nih, apakah sejauh ini puasa Anda lancar? Oh ya, di bulan yang penuh berkah ini selain harus banyak-banyak beribadah, Anda juga harus menahan emosi dan lebih pengertian.

    Apalagi puasa ramadhan ini tentu saja akan menjadi ladang amal. Anda akan merasakan hikmah dari puasa wajib yang datang satu tahun sekali ini. Namun apakah Anda ingan hal yang membatalkan puasa dan hal makruh lainnya yang bisa membatalkan puasa?

    Berikut ini beberapa hal yang membatalkan puasa yang perlu diketahui agar puasa dapat lebih sempurna.

    • Sikat gigi saat puasa
    sikat gigi
    Copyright©Merdeka

    Hukum menyikat gigi saat puasa ini sebenarnya masih menjadi perdebatan. Pasalnya setiap ulama dan ustadz memiliki pemikiran yang berbeda. Saat puasa memang bau mulut menjadi salah satu masalah utama yang dihadapi.

    Beberapa ulama mengatakan sikat gigi saat puaa adalah hal makruh. Hukum sikat gigi saat puasa akan menjadi makruh dan bisa membatalkan puasa. Apalagi jika dilakukan setelah waktu dzuhur.

    • Mencicipi masakan saat puasa Ramadhan
    mencicipi makanan
    Copyright©Vebma

    Mencicipi masakan saat puasa ini bisa menjadi hal yang membatalkan puasa. Apalagi jika itu dilakukan dengan sengaja karena tidak yakin akan rasanya. Kalau memang sengaja melakukan hal ini banyak ulama yang menyebutkan hukumnya makruh.

    • Berkumur saat puasa
    berkumur
    Copyright©detik

    Sama seperti menyikat gigi, berkumur juga bisa membatalkan puasa. Apalagi berkumur berlebihan, ini akan membuat puasamu tidak sah. Seperti yang diketahui salah satu niat puasa yakni tidak makan dan minum.

    Sedangkan berkumur berlebih bisa saja tidak sengaja meminum airnya. Maka dari itu banyak yang tidak melakukan kumur saat wudhu di bulan Ramadhan.

    • Muntah dengan sengaja

    Hal yang membatalkan puasa selanjutnya yakni muntah dengan sengaja. Tapi kalau muntah karena tidak sengaja misalnya karena sakit Anda tetap bisa melanjutkan puasa.

    • Merokok saat puasa
    merokok
    Copyright©pexels

    Merokok adalah salah satu hal yang membatalkan puasa. Meski tidak makan dan minum, merokok ini bisa membuat puasa batal. Bukan saat puasa ramadhan saja, namun saat puasa yang lain, merokok juga tetap membatalkan puasa.

    • Berenang
    berenang
    Copyright©pexels

    Sebenarnya berenang boleh saja selama bulan puasa tapi yang pasti harus menjaga tidak ada air yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini tentu saja membatalkan puasa tanpa disadari. Jadi lebih baik berenang setelah waktu berbuka.

    Nah itu tadi beberapa hal yang bisa membuat puasa batal. Semoga puasanya lancar dan informasi di atas bermanfaat.

    Baca Juga Sambut Ramadhan 2017, Twitter Keluarkan Emoji Khusus Ini Lho, Cobain Yuuk!

    1 COMMENT

    1. Nama saya nizar saya setelah sholar subuh terus muntah setelah itu saya bimbang mau kumur apa tidak soalnya ada yg bilang dulu kalo muntahan itu najis ya akhirnya saya putuskan berkumur setelah itu saya meludah ntah gimana pas ludah tenggorokan saya menelan secara spontan…. Dengan spontan saya berusaha mengeluarkan air nya saya muntah lagi … Saya berusaha mengeluarkan air seperti orang hendak berdahak bagaimana hukumnya

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here