Berita Terkini: Sistem Ganjil Genap Tak Akan Diterapkan Saat Mudik?

0
399
ganjil genap
Copyright©detik

Berita Terkini: Sistem Ganjil Genap Tak Akan Diterapkan Saat Mudik?

Indowarta.com- Pemerintah tidak akan menerapkan sistem ganji genap plat nomor kendaran pada saat mudik lebaran tahun ini. Sebelumnya wacana sistem tersebut muncul untuk mengurangi kemacetan pada saat arus mudik. Menteri Perhubungan yakni Budi Karya Sumadi ini telah mengatakan baha semenjak wacana teresbut muncul, pihaknya juga telah melakukan pembahasan di internet Kementerian Perhubungan.

baca juga : Berita Terkini: Tiket Kereta Api Tambahan Mudik Lebaran Sudah Mulai Dijual, Buruan!

Tidak hanya itu saja, pihaknya juga telah mengundang para pemangku kepentingan terkait untuk mendiskusikan efektivitas dari sistem ini jika diterapkan pada saat arus mudik. Budi Karya pada saat di Palembang Sumatera Selatan pada hari Senin 29 Mei 2017 ini telah menyebutkan “Ini ada ide kemudian kita bahas internal, kemudian kita undang Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI),”.

Berdasarkan dari hasil disukusi bersama dengan MTI, Budi mengatakan bahwa dapati disimpulkan bahwa menerapkan sistem ini dibutuhakn sosialisasi yang panjang. Selain itu penerapan sistem ini dinilai juga akan efektif jika diterapkan secara reguler dan juga pada ruas jalan tertentu bukan hanya pada ruas jalan yang akan digunakan untuk mudik saja.

sistem pelat nomor ganjil genap

Budi Karya mengatakan “Mereka menyimpulkan bahwa kita kalau mudik Lebaran ini kan masif, tapi sosialisasinya justru tidak bisa masif karena waktunya terbatas. Sistem ganjil genap ini akan efektif kalau digunakan reguler, tempatnya tertentu, dan sosialisasinya masif”.

Menurut Budi, oleh sebab itu pihaknya ini tidak akan menerapkan sistem genap ganjil pada saat mudik lebaran ini. Walaupun begitu, pemerintah masih tetap melakukan antisipasi agar kemacetan panjang ini tidak terjadi.

baca juga : Berita Terkini: Hilir Mudik Tamu Datang dan Pergi Ke Rumah Mbah Fanani, Nyaris ada yang Gunting Rambut!

Sebelumnya pada tanggal 23 Mei 2017, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhur Binsar Pandjaitan ini telah mengatakan bahwa di dalam rapat koordinasi antara instansi dan juga lembaga pemerintah dalam menghadapi mudik lebaran 2017 ini, telah muncul rencana mengenai pemberlakuan sistem ganjil genap nomor seri kendaraan. Dengan sistem ganjil genap ini diharapkan nantinya akan bisa mengurangi kemacetan karena para pengemudi tidak tumpah ruah di hari yang sama pada saat mudik.

baca juga : 

Berita Terkini: Begini Caranya Mudik Gratis Bareng Kemenhub, Catet!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here