Berita Terkini: Penulis Buku Jokowi Undercover Divonis 3 Tahun Penjara!

0
758
Copyright©Liputan6

Penulis Buku Jokowi Undercover Divonis 3 Tahun Penjara!

Indowarta.com – Penulis buku Jokowi Undercover akhirnya divonis tiga tahun penjara. Buku tersebut sempat dipasarkan melalui media sosial. Vonis tersebut menyebutkan bahwa Bambang tri Mulyono, sang penulis, dinyatakan terbukti bersalah.

Dia terbukti melakukan pelanggaran UU ITE, UU nop 40/2008 tetang Penghapuan Diskriminasi Ras dan Etnis, serta pasal 207 KUHP tentang penghinaan terhadap penguasa. Buku tersebut sebelumnya memang menuai kontroversi.

Vonis hukuman yang dibacakan oleh majelis haki secara bergantian oleh majelsi hakim Makmurin Kusumastuti SH, Dwi Ananada SW SH, dan Rr E Dewi Nugraheni SH pada sidang putusan di PN Blora, hari ini Senin, 29 Mei 2017. Sidang kasus Jokowi Undercover ini sempat mundur satu jam dari rencana sebelumnya.

Dalam vonis tersebut, majelis hakim juga menyebutkan bahwa penulis Jokowi Undercover ini dipotong tahanan selama menjalani masa tahanan. Lalu, saat ditanya mengenai vonis yang di jatuhkan kepadanya, Bambang mengatakan dirinya akan mengajukan banding.

penulis Jokowi Undercover
Copyright©Liputan6

Usai dijatuhi hukuman, Bambang tri langsung dibawa oleh petugas menggunakan mobil tahanan. Seperti  yang telah diketahui, Senin (29/5) dijadwalkan sidang dengan agenda pembacaan vonis.

Sebelum sidang, mesku dirinya terancam soal penghinaan, penulis Jokowi Undercover ini meyakini bahwa dirinya akan divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan negeri Blora. Keyakinan itu disampaikannya sesaat sebelum sidang digelar.

Bambang mengatakan, sejak digelarnya persidangan dakwaan, jaksa penuntut umum dinilai tidak bisa membuktikan dakwaannya. Bambang Tri sendiri sebelumnya dituntut emoat tahun penjara. Menurut Kepala Kejaksaan negeri Blora Yulitaria mengatakan, tuntutan tersebut sesuai dengan fakta yang ada.

Bambang tri sendiri mengaku optimismenya itu didasari fakta-fakta persidangan yang menurutnya tidak ada hal yang menunjukkan dia terbukti bersalah. Bahkan jika mendapoat vonis serangan apa pun, ia sudah menetapkan hati untuk banding.

Terbukti, saat vonis tiga tahun oleh majelsi hakim, ia mengatakan akan mengajukan banding. Buku Jokowi Undercover ini dianggap sebagai propaganda isu SARA. Bambang memanfaatkan media sosial untuk memasarkan bukunya trsebut. Tak ada satu pun toko buku yang mendistribusikan karyanya.

Baca Juga Kena Tuntutan 4 Tahun, Penulis Buku Jokowi Undercover Yakin Divonis Bebas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here