Berita Terkini: Usai Gempa 6.6 SR di Poso, 2 Gempa Susulan Juga Terjadi di Sulawesi Tengah!

0
789
Gempa
Copyright©detik

Usai Gempa 6.6 SR di Poso, 2 Gempa Susulan Juga Terjadi di Sulawesi Tengah!

Indowarta.com – Kali ini Gempa mengguncang wilayah Indonesia bagian timur yakni tepatnya di daerah Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng). Gempa bumi ini berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR) terjadi pada Senin, 29 Mei 2017 kemarin. Namun guncangan ini diperkirakan tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami karena intensitas getaran tidak terlalu kuat.

Mengenai gempa ini juga di informasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Senin, 29 Mei 2017 setelah terjadinya gempa. Dalam akun resmi BMKG menunjukan gempa bumi ini sendiri terjadi pada Senin malam sekitar pukul 22.35 Wita.

Sedangkan untuk lokasi terjadinya gempa yakni berada di koordinat 1,33 Lintang Selatan (LS) dn 120,24 Bujur Timur (BT). Titik atau pusat gempa berada sekitar 38 kilometer ke arah Barat Laut dari Poso, Sulawesi Tengah. Untuk kedalaman gempa berada di 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Ternyata gempa di Poso ini terjdi tiga kali dan hanya berselang beberapa menit terjadi gempa susulan. Meskipun gempa susulan beskala dibawah gempa yang terjadi di awal namun masyarakan dikejukan dengan getaran yang kedua dan ketiga ini.

Gempa
Copyrihgt©Global – Liputan6.com

Nampak tercatat jika tak berselang lama 2 Gempa susulan dengan kekuatan 5 skala richter (SR) mengguncang Poso kembali. Dua gempa susulan ini terjadi sekitar pukul 22.53 Wita kemudian terjadi lagi getaran bumi yakni sekitar pukul 23.03 Wita.

Gempa susulan yang terjadi ini berlokasi sedikit lebih jauh dari gempa yang pertama yakni terjadi sekitar 50 kilometer arah barat laut Poso. Kemudian gempa susulan lagi yang terjadi pukul 23.03 terjadi di jarak 51 kilometer timur laut dari Srigi, Sulawesi Tengah.

Sementara itu hingga kini belum diketahui dengan pasti penyebab  terjadinya gempa bumi di daerah Poso ini. Namun gempa bumi ini dipastikan masih berkekuatan menengah dan tidak akan menimbulkan gelombang tsunami.

Akibat Gempa juga belum diketahui apakah menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan yang serius rumah warga. Namun BMKG sendiri menghimbau agar warga tetap tenang dan masyarakat diharapkan selalau mengikuti intruksi dari pihak pengawas tersebut. Untuk mengetahui lebih detail mengenai gempa di Poso ini dapat dilihat dari website resmi BMKG.

baca juga :  BMKG Ajak Kamu Pantau Hilal di 21 Titik, Begini Caranya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here