Mengapa Imsak Selalu Hadir 10 Menit Sebelum Adzan Subuh, Ini Penjelasannya!

0
430
Imsak
Copyright©tempo

Mengapa Imsak Selalu Hadir 10 Menit Sebelum Adzan Subuh, Ini Penjelasannya!

Indowarta.com – Sering kali kita memperhatikan jika Imsak pada bulan Ramadhan 2017 kali ini tak menentu setiap harinya. Namun Kementerian Agama menyatakan jika telah menggunakan waktu imsak selama 10 menit sebelum masuk waktu subuh.

Penggunaan waktu Imsak tersebut juga telah disepakati oleh sejumlah pihak dalam Rapat Tim Hisab dan Rukyat yang digelar Kementerian Agama di Jakarta beberapa hari yang lalu. Dalam rapat tersebut dihadiri sejumlah perwakilan Majelis Ulama Indoensia yakni diantaranya dari Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Dalam rapat itu sendiri ditentukan jatuhnya awal puasa pada bulan Ramadhan tahun ini dan penggunaan waktu imsak. Mengenai waktu imsak ini juga dijelaskan oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Muhammad Thambrin.

Dia menuturkan jika imsak sendiri mempunya beberapa arti mulai dari menahan atau batas waktu mulai berpuasa. Namun ulama sendiri sepakat bahwa batas waktu untuk memulai berpuasa yakni tepat terbitnya fajar saqiq atau saat shubuh tiba.

Imsak
Copyright©klikkabar

Namun Imsak sendiri juga diartikan berbeda oleh sejumlah ulama. Sebagian ulama menganggap jika saat itu waktu subuh sudah dekat sehingga umat muslim yang menjalankan ibadah puasa tidak boleh makan lagi. Itu karena waktu sudah masuk wilayah cegahan dan sejumlah ulama sendiri ada yang memperbolehkan makan di waktu tersebut.

Sedangakan menurut Thambrin mengenai waktu imsak sendiri juga dijelaskan dalam salah satu hadis Nabi dari Qatadah dari Anas mengenai bersantap sahur. ‘Kami bertanya kepada Anas, berapa lama antara selesainya mereka dari santap sahur dan masuk ke dalam waktu shalat?. Kemduian ia berkata : Kira-kira sepanjang seseorang membaca 50 ayat (Al-Quran)’ jelas salah satu hadis.

Dari itulah saat Rapat yang dilakuan oleh Tim Hisbat Rukyat akhirnya memberikan durasi waktu 10 menit untuk waktu sebelum masuk subuh. Hal tersebut karena memahami selesainya satap sahur oleh Nabi SAW yang menyatakan 50 ayat sebelum masuk shalat subuh dan diperkirakan 50 ayat itu memerlukan waktu 10 menit untuk membacanya.

Semenatara itu waktu Imsak di Indoensia sendiri dimajukan dari atas yang telah ditentukan oleh syariat. Hal tersebut dilakukan sebagai ikhtiar agar umat islam tidak terperosok atau melewati batas larangan yang sudah ditentukan.

baca juga : Sambut Ramadhan 2017, Twitter Keluarkan Emoji Khusus Ini Lho, Cobain Yuuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here