Berita Hari Ini : Mengintip Keadaan 9000 Warga Bekasi Yang Jadi Korban Banjir !

0
1397
banjir

Berita Hari Ini : Mengintip Keadaan 9000 Warga Bekasi Yang Jadi Korban Banjir !

indowarta.com– Hujan deras yang mengguyur kota Bekasi, Jawa Barat pada hari Kamis 20 April 2016 hingga Jumat 21 April 2016 telah menyebabkan banjir. Diperkirakan ada 600 kepala keluarga atau 9.000 jiwa menjadi korban banjir di Bekasi. Rumah mereka terendam air dengan ketinggian dari 30 cm sampai 500 cm .

Daerah yang terendam banjir ini adalah :

  • Komplek IKIP – perum Nasio Indah di Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih
  • Prum Mustika Gandaria Setu – Perumahan Lotus Chandra di Kelurahan jatimurni, Kecamatan Pondok Melati.
  • Perum Pondok Gede Permai di Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih.

Menurut Humas BNPD Sutopo Nugroho, hampir setiap tahun banjir akibat dari luapan Sungai Cikeas ini atau Sungai Bekasi dan Jebolnya Tanggul melanda komplek perumahan tersebut. Untuk itu perlu diobangun tanggul yang lebih kuat lagi dan mampu menahan terjangan debit air sungai agar banjir tidak terulang setiap tahunnya.

banjir

Untuk saat ini masyarakat sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Namun setidaknya terdapat 500 rumah mengalami kerusakan ringan. Tak hanya itu, jalan juga terendam banjir dan mengalami rusak ringan. Tidak ada korban jiwa yang timbul karena bencana ini.

Pada saat ini tim gabungan dari BNPB, BPBD Bekasi, TNI, Polri, Basarnas, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) telah melakukan evakuasi kepada masyarakat dan diprioritaskan pada kelompok rentan.

Untuk saat ini BPBD kota Bekasi telah mendirikan posko dan berkoordinasi dengan SKPD terkait agar dapat melakukan penanganan darurat. Dapur umum telah didirikan. Dinas PU Kota Bekasi juga telah mengirimkan air bersih, Dinas Kesehatan juga telah mendirikan pos kesehatan.

Saat ini banjir sudah mulai surut walaupun masih belum sepenuhnya. Untuk sementara kebutuhan yang diperlukan masyarakat Bekasi adalah nasi bungkus, makanan siap makan, air mineral, obat-obatan dan juga alat untuk membersihkan lumpur bekas dari banjir.sebagian dari masyarakat setempat memutuskan untuk bertahan di rumahnya dan tidak mau dievakuasi.

baca juga :

Berita Hari Ini : Ratusan Warga Mengungsi Lantaran Banjir Genangi Cipinang Melayu Jakarta Timur !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here