Berita Terkini: Dilema Pengunduran Diri Ahok dan Pelantikan Djarot Sebagai Gubernur DKI!

0
1472
Ahok-Djarot
Copyright©VOA Indonesia

Dilema Pengunduran Diri Ahok dan Pelantikan Djarot Sebagai Gubernur DKI!

Indowarta.com – Setelah memutuskan untuk mencabut banding vonis dua tahun penjara atas kasus penodaan agama yang dijatuhkan oleh majelis hakim, kini Basuki Tjahaja Purnama mengambil langkah untuk berhenti sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Permohonan pengunduran diri Ahok tersebut telah ditandatangani oleh mantan Bupati Belitung Timur itu tertanggal 23 Mei 2017. Basuki atau yang kerap disapa Ahok itu langsung mengirimkan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo.

Surat pengunduran diri tersebut nantinya akan menjadi bahan pertimbangan untuk pemberhentian tetap. Sedangkan pertimbangan kedua yakni kekuatan hukum mengikat setelah Ahok mencabut berkas banding di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Diren Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono mengatakan, pemberhentian sementara dasarnya bukan karena pengajuan surat pengunduran diri, melainkan karena vonis ditahan. Sedangkan pengunduran diri Ahok itu salah satu dasar pemberhentian tetapnya.

“Pertimbangan kedua, diberhentikan tetap bila sudah inkracht. Cek Undang-undang 23/2014”.

Ahok-Djarot
Copyright©Kompas

Namun rupanya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat tidak serta merta langsung mendapati posisi pemimpin Pemprov DKI tersebut. itu karena jaksa penuntut umum kasus dugaan penodaan agama melakukan banding ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara atas vonis yang diberikan kepada Ahk.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo awalnya menunggu keputusan JPU sebelum melantik Djarot sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sebab hingga saat ini belum ada keputusan dari kejaksaan akan mengajukan banding atau sebaliknya atas putusan PN Jakarta Utara yang memvonis Ahok dua tahun penjara.

Politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan, meskipun surat pengunduran diri Ahok telah diajukan, namun tetap menunggu keputusan jaksa penuntut umum terkait dengan pengajuan banding ke Pengadilan Tinggi Jakarta.dia bahkan mengaku belum menerima surat permohonan diri dari suami Veronica Tan yang disampaikan DPRD.

Namun situasi berubah setelah Tjahjo melakukan pembicaraan  dengan Jaksa Aging Prasetyo. Dia akan segera memproses surat pengunduran diri Ahok, meski saat ini jaksa penuntut umum masih belum memutuskan akan mencabut banding vonis kasus dugaan penodaan agama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Selain itu disarankan agar pengunduran diri Ahok berdasarkan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Tujuannya agar proses pengunduran diri cepat rampung. Jika pengunduran diri menggunakan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang oemerintah Daerah (Pemda), maka prosesnya akan membutuhkan waktu yang lama.

Baca Juga Menelisik Langkah Mundur yang Dilakukan Ahok Dari Kursi 1 DKI!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here