Makna Dibalik Nasi Bungkus Untuk Peringatan Hari Lahir Pancasila!

0
464
Hari Lahir Pancasila
Copyright©tribunjogja

Makna Dibalik Nasi Bungkus Untuk Peringatan Hari Lahir Pancasila!

Indowarta.com – Sebentar lagi kita bangsa Indoensia akan memperingati Hari Lahir Pancasila yang akan jatuh pada Kamis, 1 Juni 2017. Kali ini salah satu organisasi yang bernama Gerak Pancasila akan menggelar aksi peringatan hari lahirnya Pancasila di Pagelaran Kraton, Yogyakarta.

Mengenai kegiatan yang akan dilakukan oleh Gerak Pancasila ini juga dijelaskan oleh Koordinator Acara tersebut yakni Widihasto Wasanpraja. Dia mengatakan jika sejumlah perisapan untuk perayaan 1 Juni telah dipesiapkan mulai sekarang. Salah satu persiapan yang dilakukan yakni menggalang donasi beruoa nasi bungkus.

Donasi berupaa nasi bungkus itu sendiri nantinya ditargetkan berjumlah 10.000 orang. Dilakukan pengumpulan donasi untuk menyediakan nasi bungkus itu sendiri digunakan untuk menu berbuka puasa pasalnya perayaan Hari Lahir Pancasila ini bertepatan dengan bulan puasa.

Wadihasto mengatakan jika hingga siang ini nasi yang terkumpul sudah mencapai 10.800 nasi bungkus. Nasi bungkus itu nantinya akan dibagikan kepada seluruh warga yang mengikuti kegiatan perayaan hari lahirnya Pancasila.

Hari Lahir Pancasila
Copyright©tribunnews

‘Hingga siang ini masih terkumpul sekitar 10.800 bungkus. Nasi bugkus itu siap didonasikan dalam acara peringatan Hari Lahir Pancasila yang akan digelar 1 Juni 2017 skeitar pukul 15.00 WIB pagelaran Keraton Yogyakarta’ ujarnya pada Minggu, 28 Mei 2017.

Sementara peringatan Hari Lahir Pancasila di Yogyakarta ini sering sekali dengan menghadirkan nasi bungkus. Hal tersebut karena nasi bungkus sendiri merupakan suatu tradisi warisan dari keluaraga Kasultanan Yogyakarta Hadiningrat, Keluarga Kadipten Pakualaman, kalangan pengusaha dan hingga sekarang masih dilestarikan oleh masyarakat sekitar.

Wadihasto juga menuturkan jika peringatan 1 Juni dengan menghadirkan nasi bungkus ini memiliki makna yang mendalam bagi warga Yogyakarta. Makna nasi bungkus bukan hanya dilihat dari segi fisik yakni nasi dan juga lauk pauk yang dibungkus. Namun didalamnya mempunyai makna tersediri yakni sebagai tanda kasih persaudaraan terhadap sesama manusia.

Menghadirkan nasi bungkus ini bukan hanya dilakukan pada peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni mendatang. Warga Yogyakarta pun juga sering membuat nasi bungkus untuk disalurkan untuk masyarakat yang membutuhkan. Seperti halnya ketika gempa di Yogyakarta dan letusan Gunung Merapi beberapa waktu lalu, banyak orang yang tidak terkena dampaknya membuat nasi bungkus untuk dibagikan sebagai tanda kepedulian sesama manusia.

baca juga : Berita Terkini : Ditetapkan Sebagai Hari Lahir Pancasila, 1 Juni Jadi Hari Libur Nasional !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here