Chinese Dragon Boat Festival 2017 yang Hadi Dalam Google Doodle!

0
236
Dragon Boat Festival
Copyright©google

Chinese Dragon Boat Festival 2017 yang Hadi Dalam Google Doodle!

Indowarta.com – Festival Perahu Naga atau sering disebut Dragon Boat Festival kini tengah ikut dirayakan oleh Google Doodle. Nampak Fetstival perahu naga ini sendiri dilakukan di Tiongok (China) hari ini Selasa, 30 Mei 2017. Perahu naga yang hadir akan diperlombakan guna memeriahkan perayaan festival kali ini.

Dalam bahasa Mandarin, Dragon Boat Festival ini disebut dengan Duan Wue Jie. Dan nampak asal mula dari gelaran festival ini sendiri merupakan dari kebudayaan Tiongkok yang kurang lebih sudah berumur 2000 tahun. Biasanya orang Tionghoa memeriahkaannya dengan turun ke sungai dengan membawa perahu naga untuk berlomba.

Perlombaan ini biasanya dilakukan tangggal 5, bulan lima dalam kalender Lunar setiap tahunnya. Tanggal tersebut dilihat dari kalender sekarang akan jatuh pada bulan Juni. Diceritakan jika tradisi ini dimulai dari kisah seorang mantan menteri dan penasehat kaisar zaman kerajaan China yang memiliki sifat jujur dan setia.

Sekitar tahun 340-278 SM seorang bernama Qu Tuan yang mempunyai sifat setia dan jujur. Namun dia dipecat dari kerajaan Chu kemudian menjadi rakyat jelata dan menjadi seorang penyiar yang banyak dikenal orang di Tiongkok. Dalam legenda pria ini melakukan bunuh diri dengan meloncat ke sungai Miluo yang kini berada di Provinsi Hunan.

Dragon Boat Festival
Copyright©hellotravel

Diceritakan jika bunuh diri itu dilakukan Qu Huan karena sebagai aksi protes dan kekcewanya dengan perilaku pejabat lainnya. Warga pun saat itu begitu mencintai Qu Yuan kemudian berupaya mencari jenazahnya. Saat itu warga mencari jenazah dengan perahu sambil memukul tambur perahu agar ikan pergi menjauh.

Dari itulah lahir sebuah tradisi yang bernama Dragon Boat Festival yang masih berlangsung hingga sekarang. Nampak orang-orang sekitar baik lokal maupun wisatawan pun juga bisa ikut merayakan perayaan tradisisonal ini. mereka biasanya merayakan dengan makan kue lengket yang disebut zongzi dan tentunya dengan mengendarai perahu naga.

Sementara itu dalam perayaan Dragon Boat Festival ini sendiri menggambarkan ilustrasi naga. Masyarakat bisanya menggambarkannya dengan berbagai media yakni ,terdiri dari makanan yang dibungkus guna untuk mempercantik perahu naga.

Sedangkan perahu naga juga dibangun menyerupai naga sebenarnya mulai dari kepala hingga ekornya. Namun meskipun begitu perahui tetap terlihat seperti perahu dayung biasa dan siap diguakan berlomba terlebih dahulu sebelum dinikmati untuk bersantai.

baca juga : Makna Dibalik Nasi Bungkus Untuk Peringatan Hari Lahir Pancasila!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here