1 Juni Diperingati Sebagai Hari Lahir Pancasila, Libur Nasional!

    0
    1096
    ilustrasi hari libur nasional
    Copyright©Tribunnews

    1 Juni Diperingati Sebagai Hari Lahir Pancasila, Libur Nasional!

    Indowarta.com – Sekretaris Negara mengumumkan bahwa setiap tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional. Hal itu sesuai dengan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

    Keppres tentang Libur Nasional Hari Lahir pancasila tersebut ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peringatan Hari lahirnya Pancasila, Eabu 1 Juni 2016 lalu di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat.

    Libur nasional yang disambut gembira oleh masyarakat ini tidak ditetapkan begitu saja, melainkan penuh dengan pertimbangan penting bangsa dan negara.

    Keppres tersebut diterbitkan dengan mempertimbangkan bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideology Negara Republik Indonesia harus diketahui asal usulnya oleh bangsa Indonesia dari waktu ke waktu, dan generasi ke generasi, sehingga kelestarian dan kelanggenagan pancasila senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

    Sehubungan dengan memperingati Hari Lahir Pancasila, Menteri Sekretaris Negra (Mensesneg) Pratikno meminta kepada para Piminan lembaga Negara, Menteri, Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Gubernur, Bupati, Wali Kota, dan lain sebagainya untuk menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan hari lahir pancasila yang jatuh pada hari Kamis, 1 Juni 2017 mendatang.

    Hari Lahir Pancasila
    Copyright©tribunjogja

    Upacara dilakukan di lingkungan kerja masing-masing dalam suasana khidmat, tertib, dan sederhana. Selain upacara, pihaknya juga sangat mengharapkan pastisipasi semua pihak untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat memperdalam pemahaman, penghayatan, dan pengalaman Pancasila dalam pekan Pancasila yang diselenggarakan mulai 29 Mei sampai 4 Juni 2017.

    Lebih jauh, Mensesneg Pratikno mengatakan bahwa pedoman penyelenggaraan Upacara Bendera dan susulan kegiatan dalam Pekan Pancasila memperingati Hari Lahir pancasila dapat diunduh melalui www.setneg.go.id.

    Diketahui, secara fakta sejarah, Pacasila tidak lahir seketika pada tahun 1945, melainkan membutuhkan proses penemuan yang panjang, dengan dilandasi oleh –perjuangan bangsa dan berasal dari gagasan kepribadian bangsa Indonesia sendiri.

    Namun pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno mengemukanakan Pancasila sebagai dasar negara dalam pidato spontannya yang selanjutnya dikenal dengan judul ‘Lahirnya Pancasila’.

    Dari banyak usulan-usulan yang mengemuka, Ir. Soekarno berhasil mensintesiskan dasar falsafah dari banyak gagasan dan pendapat yang disebut Pancasila pada 1 Juni 1945.

    Baca Juga Makna Dibalik Nasi Bungkus Untuk Peringatan Hari Lahir Pancasila!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here