Berita Hari Ini : Benarkah Youtube Lebih Efektif Untuk Sarang Beriklan Dibandingkan TV ?

0
1464
Youtube

Berita Hari Ini : Benarkah Youtube Lebih Efektif Untuk Sarang Beriklan Dibandingkan TV ?

indowarta.com– Google mengklaim bahwa salah satu saluran bisnisnya yaitu Youtube lebih efektif untuk meyakinkan konsumen. Hal tersebut menuai respon dari sejumlah pelaku industri pertelevisian.

Klaim ini dilontarkan oleh petinggi Google untuk wilayah Eropa, Matt Brittin pada konferensi periklanan. Disana Brittin menyebutkan bahwa 80 persen lebih efektif di iklankan di Youtube dari pada dengan iklan di televisi.

Hal ini juga didukung oleh GM EMEA MarketShare, Lucian van der Hoevenn. Lucian menyebutkan bahwa beberapa negara di Eropa dan Inggris mulai berinvestasi lebih banyak pada video digital. Hal tersebut mendapatkan respon dari pelaku bisnis pertelevisian.

Thinkbox yang merupakan pengelola sejumlah saluran televisi seperti Sky, ITV dan Channel 4 menyebutkan bahwa televisi masih dibutuhkan untuk membangung merk yang lebih baik daripada media yang lainnya.

Youtube

Selain bisa menghasilkan keuntungan yang lebih bersar, televisi dinilai masih bisa menarik perhatian pengiklan yang berskala besar. Pengiklan berskala besar ini lebih tertarik untuk menyisipkan iklan di acara-acar unggulan seperti Limited on Sky, dll.

Namun klaim dari Thinkbox tersebut terbantahkan dengan beberapa studi yang dilakukan baru-baru ini. Studi terbaru mencata kategori demografis dengan rentang usi 16 sampaiĀ  24 tahun menjadi target pasar dari sebagian besar pengiklan. Mereka lebih banyak menikmati konten digital secara onlline dibandingkan dengan menonton televisi.

Selama ini televisi memang masih menjadi hiburan bagi masyarakat di seluruh dunia. Hampir di setiap rumah terdapat televisi. Namun jika kita melihat dunia pertelevisian di Indonesia, dirasa acara-acara yang diberikan kurang bermanfaat. Terlalu banyak serial yang masih belum bisa dikatankan bermanfaat.

Hal ini pastikanya akan memperngaruhi pemikiran pengiklan juga. Apalagi anak muda jaman sekarang lebih memilih bermain gadget dari pada melihat televisi. Tentunya hal ini bisa menjadi pemicu menurunnya efektifitas yang diberikan televisi kepada para pengiklan. Tidak menutup kemungkinan juga jika pengiklan lebih memilih mempromosikan produknya bukan lagi melalui media televisi, melainkan media lain sepert youtube,dll.

baca juga :

Berita Hari Ini : Salam Batik Jadi Trending Topik, Ketik Salam Batik Di Google Maka Anda Akan Diarahkan Ke Video Youtube Ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here