Berita Terkini: PDIP Utus 6 Anggota Ke Pansus Angket KPK!

0
707
PDIP
Copyright©kompas

Berita Terkini: PDIP Utus 6 Anggota Ke Pansus Angket KPK!

Indowarta.com– Fraksi PDIP pada akhirnya telah mengambil sikap mengenai Pansus hak angket KPK. Fraksi PDIP ini telah menyetorkan sebanyak 6 nama di dalam Pansus hak angket KPK. Sekretaris F-PDIP Bambang Wuryanto di kompleks parlemen, Senayan, Jakpus pada hari Selasa 30 Mei 2017 ini telah mengatakan “Sesuai dengan porsi PDIP 6”.

baca juga : Partai Gerindra Tak Terima Disebut Plin plan dalam Hak Angket KPK!

Namun Bambang sendiri tidak memberikan rincian dari enam nama yang telah disetor tersebut. Alasan dari PDIP ini telah mengirimkan perakilan ini adalah karena ingin mematuhi putusan rapat paripurna. Bambang telah mengatakan “Kalau aturan di sini, sesuai paripurna kita ya tentu kita ikuti. Nah kalau soal alasan kenapa ikut angket, kita ikuti aja selama dengan kita pakai UU MD3”.

WAJIB BACA :  Saat PDIP Kritik Anggaran Rp 28 M Tim Gubernur, Gerindra Sebut Belum Bisa Move On!

Bambang sendiri telah mengklaim bahwa fraksinya ini telah mendukung untuk memperkuat KPK meskipun telah mengirimkan perwakilannya. Bambang menuturkan “Kami kan prinsip memperkuat KPK. 100 persen kita setuju”.

PDIP
Copyright©detik

Sebelumnya Fraksi Hanura sendiri juga sudah mengirimkan satu perwakilan ke Pansus hak angket KPK. Nama yang telah diajukan untuk menjadi perwakilan Hanura itu adalah Dossy Iskandar.

baca juga : Gara Gara Hak Angket, Fahri Hamzah Dilaporkan Ke KPK!

Terkait dengan Pansus hak angket KPK ini, masih belum diketahui apakah susunan dari nama tersebut kini sudah dibacakan pada saat rapat paripurna kali ini Rapat Paripurna pada saat ini telah diketuai oleh Fahri Hamzah yang pada saat itu telah menyetujui untuk dibentuknya Pansus hak angket KPK.

WAJIB BACA :  Saat PDIP Kritik Anggaran Rp 28 M Tim Gubernur, Gerindra Sebut Belum Bisa Move On!

Pembentukan pansus hak angket sendiri telah diatur did alam Tatib DPR. Berikut ini adalah isi dari Peraturan DPR Nomor 1 tahun 2014 mengenai Tata Tertib terkait dengan pansus hak angket :

Pasal 171
(1) DPR memutuskan menerima atau menolak usul hak angket sebagaimana dimaksud dalam Pasal 170 ayat (1).
(2) Dalam hal DPR menerima usul hak angket sebagaimana dimaksud pada ayat (1), DPR membentuk panitia khusus yang dinamakan panitia angket yang keanggotaannya terdiri atas semua unsur Fraksi.
(3) Dalam hal DPR menolak usul hak angket sebagaimana dimaksud pada ayat (1), usul tersebut tidak dapat diajukan kembali.
(4) Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ketentuan mengenai panitia khusus berlaku bagi panitia angket sebagaimana dimaksud pada ayat (1)

baca juga : 

Berita Terkini: Hak Angket DPR Bertujuan Untuk Ganggu Konsentrasi KPK?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here