Berita Hari Ini : Ratusan Pengungsi Terdampak Gunung Lempo Longsor Terancam Kelaparan Lantaran Belum Dapat Perhatian !

0
1047
Gunung Lempo longsor

Berita Hari Ini : Ratusan Pengungsi Terdampak Gunung Lempo Longsor Terancam Kelaparan Lantaran Belum Dapat Perhatian !

indowarta.comGunung Lempo longsor dan menyebabkan banjir bandang. Ratusan pengungsi di Desa Parombean, Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang,Sulawesi Selatan terancam kelaparan karena kurangnya bantuan dan juga logistik dari pemerintah.

Mereka semua dievakuasi di tiga tempat pengungsian. Tempat pengungsian tersebut berada di SD Negeri 194 batu Limbong, Mesjid 45 Desa Parombean dan juga Dusun Roni, Desa Uluwai, Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja. Tak hanya kekurangan logistik, kini mereka juga kekurangan air bersih.

Bantuan berupa bahan makanan dan pakaian tak kunjung datang juga dan banyak dari pengungsi yang mengeluhkan hal tersebut. Keadaan para pengungsi sungguh sangat parah.

Parombean yang merupakan desa terpencil ini luput dari pengawasan pemerintah. Dua hari sejak Gunung Lempo Lonsor warga masih belum juga mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Gunung Lempo longsor

Banyak warga yang harus makan dengan ala kadarnya, dewasa maunpun anak-anak. Bahkan sepiring mereka masih harus berbagi kepada yang lain karena masihi belum adanya bantuan dari pemerintah yang datang.

Sementara itu runtuhan Gunung Lempo longsor di Desa Prombean membuat empat dusun di desa tersebut terisolir. Tak hanya itu, ancaman akan longsor susulan juga datang.

Empat dusun tersebut adalah Dusun Buntu Limbong, Dusun Sarang, Dusun Bunga Mendoe dan juga Dusun Leto Bara. Masih ditambah lagi dengan dua dusun yang terancam terkena dampak longsor runtuhan susulan yaitu Dusun Tocollo dan Dusun Bau.

Ratusan kepala keluarga yang berada di empat serta dua dusun tersebut kini mulai mengungis akibat longsor Gunung Lempo Longsor. Mereka mengungsi dan mulai mengosongkan rumah mereka.

Sungguh sangat disayangkan, peran pemerintah bisa dibilang lambat dalam menanggapi bencana alam ini. Bantuan masih juga belum datang, sementara para pengungsi saat ini sangat membutuhkan bantuan tersebut.

Hingga saat ini Kabupaten Enkerang masih berstatus siaga karena kekhawatiran akan longsor susulan di lereng Gunung Lempo. Untuk itu para pengungsi dihimbau untuk tetap di tempat pengungsian jangan kembali ke rumah dulu.

baca juga  :

Berita Hari Ini : Mengintip Keadaan 9000 Warga Bekasi Yang Jadi Korban Banjir !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here