Zaha Hadid Arsitektur Kelahiran Turki yang Nongol di Halaman Google Doodle Hari Ini!

0
351
Zaha Hadid
Copyright©pikiran rakyat

Zaha Hadid Arsitektur Kelahiran Turki yang Nongol di Halaman Google Doodle Hari Ini!

Indowarta.com – Sering kali kita ketahui Google Doodle selalu memunculkan gambar pada halaman depan yang biasanya berisikan peringatan hari penting ataupun gambar tokoh dunia penting. Seperti yang dilakukan raksasa mesin mencari di dunia tersebut hari ini Rabu, 31 Mei 2017 menampilkan animasi doodle yang bertemakan gambar tokoh Zaha Hadid.

Mungkin banyak diantara kalian yang bertanya-tanya siapakah sebenarnya Zaha Hadid? Dan kenapa sosok ini dirayakan oleh google doodle dengan memasang animasi gambarnya di halaman depan mesin pencari terbesar ini?

Perlu diketahui saja jika Zaha Hadid ini merupakan wanita terkenal yang berasal dari Irak. Wanita ini memiliki nama lengkap Dame Zaha Mohammad Hadid. Dia sendiri merupakan salah satu arsitek terkenal di Inggris karena hasil karya-karyanya yang luar biasa.

Perempuan ini merupakan sorang wanita yang berkwarganegaraan Britania Raya dan kemudian di naturalisasi menjadi warga Inggris. Hadid sendiri merupakan salah seorang yang beragama muslim yang tinggal di benua Eropa saat itu. Arsitek ini sendiri sangat terkenal di Inggris karena sejumlah penghargaan yang pernah diraihnya.

Zaha Hadid
Copyright©Arcdaily

Zaha Hadid merupakan wanita muslim pertama yang berhasil meraih penghargaan  Arsitektur Prizekter pada tahun 2004 silam. Bukan hanya itu saja wanita ini juga pernah mencicipi gelar Penghargaan Stirling secara beruntun yakni pada tahun 2010 dan 2011.

Tiada berhenti sampai disitu wanita kelahiran Baghad pada 31 Oktober 1950 ini juga dianugrahi Dame Commande of the Order of the British Empire pada tahun 2015 kemarin. Dia dianugrahi gelar tersebut dan menjadi wanita pertama yang diberi penghargaan RIBA Gold Medal.

Sementara itu diketahui jika biografi singkat Hadid sendiri yakni dirinya berasal dari keluarga muslim kelas atas di Bahdad Irak. Wanita ini pernah belajar matematika di Universitas Amerika sebelum pindah ke Inggris untuk melanjutkan belajarnya di Architectural Asssociation School of Architecture London, Inggris.

Namun Zaha Hadid sendiri kini sudah wafat dan meninggalkan kenangan yang tak boleh dilupakan. Perempuan ini meninggal pada tanggal 31 Maret 2016 lalu kerena penyait yang dideritanya. Hadid meninggal dunia karena penyakit jantung di Rumah Sakit Miami, Amerika Serikat.

baca juga : Chinese Dragon Boat Festival 2017 yang Hadi Dalam Google Doodle!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here