Berbagai Karya Mengagumkan yang Telah Ditorehkan Zaha Hadid Selama Ini!

    0
    302
    Zaha Hadid
    Copyright©The New York Times

    Berbagai Karya Mengagumkan yang Telah Ditorehkan Zaha Hadid Selama Ini!

    Indowarta.com – Zaha Hadid merupakan salah seorang arsitek perempuan pertama yang meraih penghargaan tertinggi di bidangnya, Pritzker Prize, pada 2004 lalu. karyanya yang tersebar di berbagai penjuru dunia hampir selalu menuai pujian.

    Meski salah satunya, yakni desain Stadion Al Wakrah di Qatar sempat menjadi kontroversi. Hadid mengklaim bentuk atap stadion tersebut terinspirasi dari layar dhow (kapal layar kuno arab). Namun tak sedikit berpandangan desain venue Piala Dunia 2022 itu mirip ‘miss v’.

    Berikut ini sederet karya mengagumkan yang telah ditorehkan oleh Zaha Hadid selama ini:

    • The Riverside Museum, Skotlandia
    Riverside Museum
    Copyright©ArchDaily

    Museum ini berdiri di samping sungai di Glasgow. Ini salah satu bangunan Hadid yang palingindah. Atapnya dibentuk zig-zag sehingga tampak menyatu dengan riak air dekat Sungai Clyde. Kesan dinamis juga disentuhkan dalam museum transportasi itu.

    • Vitra Fire Station, Jerman
    Vita Fire Museum
    Copyright©ArchDaily

    Tahun 1981, peristiwa kebakaran melumpuhkan Kampus Desain Vitra. Satu decade kemudian, Hadid ditugaskan untuk peran penting guna memastikan kejadian serupa tidak pernah terjadi lagi. Stasiun Api Vitra kemduian dibangun dan selesai tahun 1993, proyek ini disebut-sebut jadi penanda kebesaran namanya di dunia arsitek.

    Ada bidang dekonstruktivisme yang menjulang tinggi dan saling keterkaitan ruang, kekosongan dan garis. Zaha Hadid telah menciptakan apa yang dianggap sebagai struktur penting dalam karier seorang arsitek.

    • Dongdaemun Design Plaza, Seoul
    Dongdaemun Design Plaza
    Copyright©TripAdvisor

    Ruang terbuka berlatarbelakang bangunan cembung ini sekarang menjadi ciri khas Seoul, Korea Selatan. Perwujudan neo-futurisme mirip dengan Museum Riverside Glasgow. Keduanya mengambil bentuk mengalir dengan garis terang yang dinamis, layaknya sungai.

    Namun bedanya, kali ini tidak ada sudut tajam di  Dongdaemun Design Plaza. Hadid membuat belokan yang sama sekali lembut dan mulus. Pada malam hari, bangunan itu dinyalakan seperti Hokusai’s Great Wave, berkilau dengan cahaya yang terang.

    • Hungerburgbahn, Innsbruck
    Hungerburgbahn
    Copyright©austria.info

    Ini merupakan rel kereta apai yang elok. Masing-masing dari empat stasiun dirancang oleh Zaha Hadid. Stasiun Hungerburgbahn pada umumnya tergambar megah dengan latar belakang gunung bersalju di Innsburck. Mangunannya menyerupai setengah jamur dan setengah es berenamel.

    Itu tadi sebagian dari karya mengagumkan Zaha Hadid. Hadid meninggal dunia pada 31 Maret 2016. Bahkan kini pada laman pencarian Google pun memampang Google Doodle Zaha Hadid.

    Baca Juga Zaha Hadid Arsitektur Kelahiran Turki yang Nongol di Halaman Google Doodle Hari Ini!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here