Alfian Tanjung Ditetapkan Jadi Tersangka, Begini Komentar MUI!

0
905
Alfian Tanjung
Copyright©metrotvnews

Alfian Tanjung Ditetapkan Jadi Tersangka, Begini Komentar MUI!

Indowarta.com – Terkait penetapan Alfian tanjung sebagai tersangka, Ketua MUI Ma’ruf Amin mengatakan, sebagai negara hukum, Indonesia telah memiliki sejumlah aturan salam menangani berbagai kasus. Termasuk dalam menangani kasus ustadz Alfian.

Alfian Tanjung ditahan terkait dengan isis ceramahnya yang dinilai mengandung penghinaan terhadap ras tertentu. Ma’ruf juga mengatakan dirinya mengajak agar para da’i berdakwah proporsional dan santun. Serta tidak melakukannya dengan cara provokatif.

Sebelumnya, Alfian diketahui menyampaikan ceramahnya di Masjid Al-Mujahidin, Surabaya. Terkait dengan tata cara dalam melakukan ceramah, Ma’ruf Amin mengimbau agar apara ustadz maupun da’i melakukannya secara proporsional.

Terkait denganpenyampaian ceramah Alfian yang tidak didasarkan fakta, Ma’ruf dengan tegas menyatakan bahwa hal itu haram untuk dilakukan. Ia mengimbau agar segala bentuk ceramah harus sesuai dengan fakta dan tidak berakibat meresahkan masyarakat.

Alfian Tanjung
Copyright©nasionalkompas

Meskipun isi ceramah itu sesuai dengan fakta, namun apabila dinilai sensitif, seorang ustadz sudah sepatutnya tidak menjadikan itu sebagai materi ceramah. Karena dikhawatirkan ceramah tersebut akan menimbulkan kegaduhan. Apalagi jika ceramah mengandung fakta bohong, hal itu dinilai sudah menyalahi etika.

Di sisilain, kuasa hukum Alfian Tanjung, Abdullah AL Katiri membantah ada unsur ujaran kebencian atau hata speech dalam cuitan kliennya di Twitter. Dia menyatakan hal itu sidasarkan dasri bukti dan pernyataan kader PDIP sendiri.

Seperti yang telah diketahui, Penyidik Bareskrim Polri telah menahan Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka (UHAMKA) Alfian tanjung setelah diperiksa sebagai tersangka. Alfian diduga melakukan fitnah dan pencemaran nama baik dengan mengungkit soal Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam ceramahnya.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, Alfian ditahan sejak Selasa, 30 Mei 2017. Alfian dilaporkan oleh seorang warga Surabaya, Jawa Timur, bernama Sujatmiko lantaran memberikan ceramah dengan materi tentang PKI.

Saat itu, dia tengah mengisi ceramah di Masjid Mujahidin, Surabaya. Martinus mengatakan, penahanan Alfian ini merupakan pertmbangan objektif dan subjektif penyidik.

Selain itu, Alfian juga dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena menyebut kader PDI-P dan orang dekat Presiden Joko Widodo adalah PKI. Dalam akun Twitternya, Alfian menulis bahwa sebanyak 85 persen kader PDI-P merupakan kader PKI.

baca Juga Ceramah Soal PKI, Alfian Tanjung Ditetapkan Jadi Tersangka Sekaligus Ditahan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here