Rencana Besar Zaha Hadid Untuk Bandung!

0
367
Zaha Hadid
Copyright©bbci

Rencana Besar Zaha Hadid Untuk Bandung!

Indowarta.com– Zaha Hadid yang merupakan arsitek Internasional yang kini telah menjadi tema Google Doodle hari ini punya ketertarikan tersendiri terhadap Bandung. Zaha Hadid telah menyampaikan mengenai kesediaannya teriba merancang gedung kesenian yang digagas oleh Pemkot Bandung bersama dengan Pemprov Jabar pada bulan Januari 201 yang lalu.

baca juga : Berita Terkini: Ridwan Kamil Jawab Tudingan Soal ‘Durhaka’ Pada Partai Gerindra dan Prabowo!

Zaha Hadid sendiri telah mengutus timnya untuk bertemu secara langsung dengan Wali Kota Bandung yakni Ridwan Kamil dan juga Wakil Gubernur Jawa Barat yakni Deddy Mizwar terkait dengan proyek itu. Memerlukan waktu satu tahun untuk menyakinkannya bersedia terlibat di dalam proyek ini.

Pada saat berkunjung ke Inggris pada tahun 2015 yang lalu, Ridwan Kamil telah menemui Zaha Hadid secara khusus. Arsitek yang berdarah Irak ini memang bermukim di Inggris.

Zaha Hadid
Copyright©adsttc

Arsitek Zaha Hadid ini merupakan arsitek perempuan yang pertama kali telah berhasil menerima penghargaan Pritzker Architecture Prize pada 2004. Tidak hanya itu saja, dirinya juga merupakan  arsitek perempuan pertama di dunia yang telah berhasil menerima RIBA Gold Medal. Beberapa karyanya seperti Heydar Aliyev Cultural Centre di Azerbaijan telah memenangkan Museum Design of The Year pada tahun 2014 yang lalu.

baca juga : Berita Terkini: Disingkirkan Gerindra, Ridwan Kamil Bantah Merapat Ke PDIP!

Tentu saja tarif Zaha Hadid ini tidaklah murah dengan sederet prestasi yang telah dia dapatkan. Namun hal itu tidak mengurungkan niat dari Pemprov Jabar dan juga Pemkot Bandung untuk bisa menggunakan jasa Zaha Hadid. Gedung kesenian yang dirancang ini rencananya akan didirikan di Cikutra, Kota Bandung.

Ridwan Kamil mengatakan bahwa mengenai biaya desain ini akan dibayar oleh para investor. Desain yang dihasilkan ini akan dihibahkan ke Pemprov Jawa Barat agar selanjutnya bisa direalisasikan. Para investor ini telah dipilih melalui proses tender. Dengan begitu, tidak ada uang dari pemerintah untuk membayar arsitek.

Selain itu Ridwan Kamil juga sempat mengusulkan beberapa desain yang bisa menjadi inspitasi. Misalnya saja bati Mega Mendung juga kurungan ayam khas Indonesia yang terbuat dari anyaman bambu. Sementara itu Deddy Mizwar meminta agar desain dari bangunan itu dibuat fenomenal dan unik.

baca juga : 

Berita Terkini: Inikah Alasan Utama Kenapa Gerindra Sakit Hati Pada Ridwan Kamil?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here