Begini Kronologis Lengkap Perjalanan Kasus Chat Hot yang Jerat Habib Rizieq Shihab dan Firza Husein!

0
6417
Firza Husein
Copyright©liputan6

Begini Kronologis Lengkap Perjalanan Kasus Chat Hot yang Jerat Habib Rizieq Shihab dan Firza Husein!

Indowarta.com – Dunia maya empat dihebohkan dengan tersebarnya screenshot percakapan via WhatApp berkonten hot, akhir Januari 2017 lalu, yang diduga melibatkan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dan Ketua Yayasan Solidaritas Sahabat Cendana Firza Husein.

Dalam percakapan itu juga menyajikan foto wanita tanpa busana yang diduga Firza. Sedangkan Rizieq menjadi lawan bicara Firza dalam chat hot tersebut. atas beredarnya konten hot itu, polisi langsung melakukan penyelidikan.

Selang sehari penyelidikan, Aliansi Mahasiswa Antipornografi membuat laporan poisi mengenai peredaran konten hot tersebut. pelapor meminta pihak polisi menyelidiki keaslian dokumen dan foto lantaran dinilai mengganggu generasi muda.

Polisi bergerak cepat, Selasa (31/1) Firza Husein ditangkap dirumahnya. Firza merupakan satu dari 11 orang yang diciduk pada 2 Desember 2017 menjelang doa bersama karena dituduh melakukan pemufakatan makar. Sehari setalh penangkapan, polisi menggeledah rumah Firza.

Kasus Firza Husein
Copyright ©Habib Rizieq dan Firza Husein

Penggeledahan dilakukan untuk mencari barang bukti. Pada waktu yang sama, Rizieq yang terseret dalam konten hot ini menyebut itu adalah fitnah. Setelah itu kasus dinaikkan ke tahap penyidikan. Penyelidikan sempat berjalan di tempat. Akhirnya pada Selasa (25/4) polisi memutuskan memanggil Firza Husein dan Rizieq Shihab.

Namun keduanya kompak mangkir dari panggilan. Polisi kemudian kembali melakukan pemanggilan pada Rabu (10/5). Namun lagi-lagi keduanya tak mengindahkan pemanggilan tersebut. Dua kali mangkir polisi akhinya menerbitkan surat penjemputan paksa.

Namun Rizieq berada di Arab sedang melaksanakan umroh. Tak ingin di jemput paksa, Firza akhirnya memenuhi panggilan pada Selasa (16/5). Firza mendatangi Mapolda Metro Jaya pukul 10.00 WIB didampingi pengacaranya Aziz Yanuar dan adiknya.

Selama 12 jam lamanya, polisi memutuskan menetapkan Firza Husein sebagai tersangka dalam kasus chat hot tersebut. namun saat itu status Rizieq Shihab masih sebatas saksi.

Akhirnya, pada Senin (29/5) polisi kembali melakukan gelar perkara. Hasil dari gelar perkara menyimpulkan polisi menetapkan Rizieq sebagai tersangka tanpa terlebih dahulu menunggu Rizieq pulang ke Indonesia.

Mengetahui dirinya ditetapkan sebagai tersangka, Rizieq naik pitam. Hal itu diungkapkan oleh salah satu pengacara Rizieq, Kapitra Ampera.

Penetapan status tersangka itu dianggap Rizieq sangat tidak manusiawi dan inkonstitusional. Kapitra mengatakan, Rizieq sebenarnya sudah tak sabar ingin pulang ke tanah air untuk melawan kasusnya melalui jalur hukum.

Baca Juga Polisi Masih Kesulitan Buru Penyebar Video Chat Hot Habib Rizieq Shihab dan Firza Husein!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here