Berita Terkini: Ketinggian Banjir di Kota Padang Capai 1 Meter!

0
372
Copyright©Kompas

Ketinggian Banjir di Kota Padang Capai 1 Meter!

Indowarta.com – Hujan lebat yang mengguyur sejak Selasa malam (30/5) hingga Rabu (31/5) pagi menyebabkan banyak lokasi di Padang, Sumatera barat digenangi air bahkan hingga ketinggian satu meter. Akibat banjir Padang ini beberapa lokasi tergenang air.

Beberapa lokasi yang tergenang air dengan ketinggian mencapai satu meter diantaranya di Jondul Rawang, Nanggalo, Pondok , dan dibelakang kampus IAIN Imam Bonjol Lubuklintah. Selain itu beberapa jalan protokol juga tergenang hingga 50 cm seperti di Ahmad Yani, Bandar Purus, Olo Ladang, Andalas, dan Tan Malaka.

Salah seorang warga, Saifuddin mengatakan banjir Padang itu terjadi sejak pukul 01.00 WIB dan ketinggian air semakin meningkat menjelang pukul 03.00 WIB. Saifuddin yang berada di Lubuklintah melihat air masuk ke rumah warga kemudian tak berapa lama berselang listrik padam.

Warga lain Jatisatu, Novia mengakui air masuk ke dalam rumah dan kedalamannya hingga 30 cm. bahkan dia bersama temannya tidak bisa keluar rumah lantaran terkepun air.

Banjir Padang
Copyright©Kabarin

Ia juga mengatakan jalan tidak bisa dilalui padaha ia ingin pergi untuk membeli makanan sahur. Banjir Padang sepertin ini menurut Novia baru terjadi di tempat tinggalnya tersebut. ia berharap segera ada penanganan khusus.

Sementara itu, Wali Kota Padang melalui salah satu stasiun radio nasional mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap hujan dengan intensitas tinggi dan angina kencang tersebut.

Ia mengaku saat ini sudah ada laporan titik banjir seperti di Jondul, Bandarpurus, Pondok, dan Siteba. Selanjutnya pihaknya akan segera terjun ke lapangan untuk melakukan evakuasi sekaligus memantau kemungkinan lokasi banjir parah lainnya.

Sedangkan menurut keterangan yang dipaparkan oleh kepala BPBD Padang Edi Hasjmi, pihaknya telah menerjunkan peralatan berat ke lokasi banjir Padang.

Selain itu, belasan warga terdampak banjir Jondul, Kelurahan rawang, Kota Padang, Sumatera barat mulai dievakusi dari rumah masing-masing ke gedung perkantoran yang aman. Mereka di evakusi menggunakan perahu karet.

Perahu karet terus melakukan evakusai ke rumah warga yang tidak bisa diakses jalan kaki, mengingat air telah menggenangi sebagian besar jalan di lokasi itu dengan ketinggian lebih dari satu meter.

Baca Juga Berita Terkini: Banjir Belum Surut. Warga Padang Mulai Memgungsi!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY